4 Cara Berhenti Scrolling Media Sosial dan Lakukan Hal yang Bermanfaat Lainnya

Gayuh Tri Pinjungwati03 Sep 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 03 Sep 2021, 16:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Karena pandemi sebagian besar dari kita terjebak di rumah sepanjang hari dan sepanjang malam. Kita tidak bisa bersosialisasi sepuasnya dan bosan dengan rutinitas yang monoton. Pada saat seperti itu, satu-satunya hal yang terlintas di pikiran kita saat bosan adalah memeriksa ponsel kita. Saat kita membuka ponsel kita, insting pertama kita adalah memeriksa semua platform media sosial.

Menggulir media sosial tanpa henti dapat menimbulkan berbagai emosi negatif. Itu bisa membuatmu iri dengan kehidupan orang lain dan bisa membuatmu merasa seperti tertinggal dari mereka. Itu juga bisa membuatmu merasa lelah, cemburu, dan tidak kompeten. Jadi, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa membantumu berhenti menggulir media sosial sepanjang hari.

Habiskan Waktu Luang dengan Menjalankan Hobi

Setiap kali kita senggang atau ingin istirahat dari pekerjaan kita langsung membuka media sosial. Tetapi ada banyak hal menarik lainnya yang dapatmu lakukan di waktu luangmu, seperti melakukan hobi dan berusaha secara sadar untuk menjauh dari diri ponsel.

Gunakan Aplikasi Mengatur Waktu

Aplikasi semacam itu bisa sangat membantu dalam menghentikan pengguliran tanpa akhir. Ada banyak aplikasi di mana kamu dapat mengatur jumlah waktu tertentu untuk menggunakan media sosial dan ketika kamu melewati waktu itu, aplikasi mengirimimu pemberitahuan untuk tidak menggunakan media sosial lebih jauh.

Matikan Notifikasi

Single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/MTS_Photo

Ketika misalnya, kamu sedang bekerja dan ponselmu berdering untuk memberi tahumu bahwa seseorang baru saja mengunggah gambar baru di profil mereka, kamu langsung menghentikan pekerjaan untuk melihat unggahan mereka dan akhirnya menggulir media sosial selama satu jam. Jadi untuk menghentikan hal ini terjadi, cara terbaik adalah mematikan notifikasi media sosial agar tidak mengganggumu.

Sembunyikan Aplikasi Media Sosial

 Cara efektif lainnya adalah dengan menyembunyikan ikon aplikasi media sosialmu. Kamu cukup membuat folder lain dan menambahkan semua ikon aplikasi media sosial ke dalam folder itu sehingga saat kamu membuka kunci ponsel, kamu tidak perlu melihat aplikasi tersebut di layar beranda.

Menghabiskan telalu banyak waktu untuk menggulir media sosial hanya akan membuatmu lelah, kamu akan membandingkan dirimu dengan pencapaian orang lain. Masih ada banyak waktu yang bisa kamu manfaatkan selain menggulir media sosial.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela