Sukses

Lifestyle

Sulit Berkata Tidak, Cek Tanda Bahwa Kamu People Pleaser

Fimela.com, Jakarta Berbuat baik kepada orang lain itu baik. Namun jika berbuat baik terlalu sering hingga membuatmu sulit berkata 'tidak', maka kamu bisa dikatakan sebagai People Pleaser.

People Pleaser adalah seseorang yang selalu berusaha untukmembuat orang lain senang, meskipun membuang-buang waktu atau energi yang dimilikinya.

“Biasanya, hal ini muncul karena kepercayaan diri yang rendah. Faktornya ada banyak, mulai dari trauma sampai orang tua yang menuntut anaknya untuk menjadi pribadi yang membanggakan,” jelas Ni Made Putri Ariyanti, M.Psi., Psikolog.

Mereka yang disebut People Pleaser dapat memunculkan rasa frustasi karena orang-orang yang memanfaatkan People Pleaser tidak menyadari pengorbanan yang diberikan. Untuk mengetahui apakah kamu seorang People Pleaser, cek beberapa tanda berikut ini.

 

1. Sering meminta maag meski tidak tidak salah

Tiada hari berlalu tanpa kamu meminta maaf. Bahkan, kamu selalu siap untuk disalahkan, meskipun itu sebenarnya adalah kesalahan orang lain.Kamu berpikir, lebih baik meminta maaf daripada mendapati orang lain memusuhimu, atau bahkan membencimu.

2. Memerlukan validasi dari orang lain

Kamu percaya kalau kamu hanya pantas disukai oleh seseorang kalau kamu telah memberikan semua yang kamu miliki kepadanya. Karena kamu takut akan penolakan, kamu pun berusaha sebaik mungkin untuk mendapatkan pujian dan persetujuan dari orang tersebut.

 

3. Merasa bersalah setelah melakukan sesuatu

Menjadi people pleaser artinya berkata “ya” pada setiap kesempatan, atau melakukan segala hal yang diminta orang lain terhadapmu. Misalnya, kamu tidak ingin pergi ke sebuah acara, tetapi kamu tetap datang. Akhirnya, kamu merasa bersalah karena membuang-buang waktumu, padahal kamu bisa mengisinya dengan me-time.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading