Bijak Mengatur Keuangan Sekaligus Menjalankan Kehidupan Syariah Ala Pritha Ghozie

Fimela Reporter27 Sep 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 27 Sep 2021, 17:00 WIB
Bijak Mengatur Keuangan Sekaligus Menjalankan Kehidupan Syariah Ala Pritha Ghozie

Fimela.com, Jakarta Memenuhi kebutuhan hidup di masa kini, tak sadar telah menantang kita secara finansial. Adanya tren belanja online dan peningkatan tren gaya hidup lainnya pun menuntut kita untuk selalu peka terhadap cara mengatur keuangan kita. Di samping itu, dengan tak melupakan sekitar, kita pun perlu memerhatikan sesama yang membutuhkan.

Maka dari itu, menjalani kehidupan Syariah pun menjadi penting bagi semua khalayak. Di mana, kita harus mengetahui batasan penggunaan uang, sekaligus mempertimbangkan manfaatnya. Tak lupa bersedekah kepada sesama yang membutuhkan agar dapat membawa kebaikan dan keberkahan dalam hidup.

“Kehidupan syariah sebenarnya mengetahui bahwa kita harus mengikuti sebenarnya hirarki kebutuhan itu seperti apa sih. Karena kalau kita bicara tentang gaya hidup, sebetulnya dalah mengatur hidup, yaitu mengatur prioritas, seperti berbicara tentang kebutuhan dan keinginan,” ujar Pritha Ghozie selaku Certified Financial Partner dan CEO ZAP Finance pada Kamis (16/09) di Konferensi Pers Peace of Mind: Penuhi Kebutuhan dengan Kartu CIMB Niaga Preferred Infinite Syariah.

Mengetahui fokus dan kunci dalam mengatur keuangan secara Syariah pun menjadi penting. Melalui perbincangannya Pritha Ghozie pun membagikan tips bijak dalam mengatur keuangan secara Syariah. 

Pintar dalam merancang keuangan

Bijak Mengatur Keuangan Sekaligus Menjalankan Kehidupan Syariah Ala Pritha Ghozie
Cara mengatuh anggaran untuk mencapai masing-masing tujuan ala Pritha Ghozie (Dok. CIMB Niaga)

Untuk mengatur keuangan secara Syariah, tentu terdapat kiat-kiat penting yang harus diperhatikan. Menetapkan fokus tujuan keuangan Syariah pun menjadi penting. Sembari menjaga 5 hal penting dalam hidup, yaitu agama, jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta. 

Maka dari itu menetapkan prioritas Syariah ke dalam fokus tujuan keuangan secara Syariah menjadi solusi yang tepat. Seperti dengan menjaga tempat tinggal, kebutuhan agama, memperkaya pendidikan untuk keturunan, dana hidup masa depan, menyimpan dana darurat dan menyisihkan untuk dana usaha serta sosial. 

“Tak lupa juga untuk menjaga hubungan kita di masyarakat, dengan menjadikan aset-aset kita sesuatu yang bermanfaat. Maka dari itu dana usaha dan sosial menjadi penting,” ucap Pritha.

Dalam menentukan jangan waktu keuangan, kita pun harus memerhatikan tiga hak keuangan, yaitu untuk masa kini, masa sulit dan masa depan. Untuk membantu sekitar dan sesama yang membutuhkan pertolongan, hak keuangan untuk orang lain dan masyarakat pun menjadi hal yang harus kita jaga. 

Tips bijak mengatur keuangan secara Syariah

Bijak Mengatur Keuangan Sekaligus Menjalankan Kehidupan Syariah Ala Pritha Ghozie
Mengatur pengeluaran yang terstruktur dan terbagi rata sesuai dengan prioritas (Dok. CIMB Niaga)

Untuk mempraktekan transaksi secara Syariah membagi akun finansial pun dapat menjadi pilihan. Terdapat tiga pembagian akun yaitu untuk kehidupan, penyimpanan dan gaya hidup. Di mana untuk kehidupan terdapat 50 persen bagian keuangan, 30 persen untuk penyimpanan dan 20 persen untuk gaya hidup. 

Menggunakan kartu Syariah pun dapat membantumu untuk mengatur gaya hidup Syariah. Pritha pun membagikan 5 tips bijak dalam menggunakan kartu Syariah:

  1. Selalu membayar lunas tagihan kartu Syariah, untuk membantu kita mengatur keuangan.
  2. Gunakan kartu Syariah sebagai alat pembayaran bukan untuk sumber dana tambahan.
  3. Patuh terhadap batas maksimal limit penggunaan dan menggunakannya sesuai dengan kemampuan kita.
  4. Gunakan kartu Syariah untuk mengkonsolidasi tagihan.
  5. Tetap simpan dan jaga ketat kerahasiaan PIN kartu, agar terhindar dari bahaya keuangan. 

Kartu CIMB Preferred Infinite Syariah

Bijak Mengatur Keuangan Sekaligus Menjalankan Kehidupan Syariah Ala Pritha Ghozie
Konferensi Pers Peace of Mind: Penuhi Kebutuhan dengan Kartu CIMB Niaga Preferred Infinite Syariah pada Kamis (16/09) (Dok. CIMB Niaga)

Sebagai salah satu penyedia layanan keuangan di Indonesia, CIMB Niaga pun mendukung kehidupan keuangan yang Syariah. Meluncurkan contactless card pertama di Indonesia, CIMB Niaga menghadirkan Kartu CIMB Preferred VISA Infinite Syariah.

“Kami merasa bangga dapat bermitra dengan CIMB Niaga untuk menerbitkan kartu kredit Syariah contactless pertama untuk segmen Visa Infinite di Indonesia. Kami melihat, terutama dalam satu dekade terakhir, aspirasi yang berkembang untuk gaya hidup Syariah di kalangan konsumen kelas atas, apalagi ditambah dengan meningkatnya kekhawatiran akan faktor higienis selama berbelanja di toko akibat pandemi. Dengan diterbitkannya Kartu CIMB Preferred Visa Infinite Syariah, kami berupaya memberikan ketenangan pikiran bagi masyarakat kelas atas dengan memenuhi kebutuhan ini, dan semakin mengembangkan potensi pasar Syariah Indonesia yang belum dimanfaatkan,” ujar Riko Abdurrahman selaku Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia. 

Dengan Kartu CIMB Preferred VISA Infinite Syariah para pengguna tak perlu melakukan kontak tangan dengan mesin pembayaran saat berbelanja, yang membuat pembayaran semakin amadan higienis, terutama di masa pandemi ini. Menggunakan teknologi Tap to Pay, kartu ini memampukan pembayaran tanpa sentuh untuk para penggunanya. 

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela