Guinness World Records Nobatkan 2 Perempuan Asal Jepang sebagai Kembar Identik Tertua di Dunia, Ini Perjalanan Hidup Mereka

Annissa Wulan22 Sep 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 22 Sep 2021, 07:00 WIB
Umeno Sumiyama dan Koume Kodama

Fimela.com, Jakarta Guinness World Records baru saja memberikan sertifikat kepada 2 perempuan bersaudara asal Jepang sebagai kembar identik tertua yang masih hidup pada usia 107 tahun. Hal ini diumumkan pada hari Senin lalu, bertepatan dengan Hari Penghormatan untuk Orang Tua, hari libur nasional di Jepang.

Umeno Sumiyama dan Koume Kodama lahir sebagai kembar identik, anak ketiga dan keempat dari 11 bersaudara di Pulau Shodoshima, Jepang Barat pada 5 November 1913. Mereka dipisahkan setelah lulus sekolah dasar, saat Kodama dikirim untuk bekerja sebagai pembantu di Oita, Kyushu, pulau utama Jepang Selatan, seperti dilansir dari abcnews.go.com.

Kodama menikah di sana, sedangkan Sumiyama tetap tinggal di pulau tempat mereka dibesarkan dan memiliki keluarga sendiri. Kembar identik ini mengingat masa muda mereka yang sulit.

 

Umeno Sumiyama dan Koume Kodama, kembar identik tertua di dunia

Umeno Sumiyama dan Koume Kodama
Umeno Sumiyama dan Koume Kodama. Foto: Instagram.

Tumbuh dewasa, mereka bercerita bahwa mereka diintimidasi karena prasangka buruk terhadap kelahiran anak kembar di Jepang. Sibuk dengan kehidupan masing-masing selama beberapa dekade, kedua bersaudara ini jarang bertemu hingga mereka berusia 70 tahun, saat mereka rutin berziarah bersama ke beberapa dari 88 kuil Shikoku.

Sumiyama dan Kodama telah berusia 107 tahun dan 300 hari pada 1 September lalu, mereka memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh saudara kembar Jepang terkenal bernama Kin Narita dan Gin Kanie yang berusia 107 tahun dan 175 hari. Menurut Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Jepang, negara dengan penuaan tercepat di dunia, sekitar 29% dari populasi 125 juta di sana berusia 65 tahun atau lebih.

Sekitar 86.510 di antaranya berusia 100 tahun di tahun ini. Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela