BTS Hadiri UNGA, Sidang Majelis Umum PBB yang Soroti Generasi Muda hingga Perubahan Iklim

Vinsensia Dianawanti22 Sep 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 22 Sep 2021, 13:00 WIB
Makna Pin Berwarna yang Dikenakan BTS di Sidang Umum PBB/dok. Instagram UNICEF

Fimela.com, Jakarta Kehadiran boyband asal Korea Selatan BTS di UNGA disambut bangga oleh para penggemar. BTS hadir menemani Presiden Korea Selatan Moon Jae In untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB (UNGA) ke-76 di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat pada Senin (20/9/2021).

Menjadi utusan dari Presiden Korea Selatan untuk Generasi dan Kebudayaan Masa Depan, setiap member BTS memberikan pidato secara bergantian di hadapan para pemimpin negara.

UNGA atau United Nation General Assembly sendiri merupakan sidang Majelis Umum PBB yang dihadiri oleh banyak pemimpin negara di dunia. BTS menjadi perwakilan generasi muda untuk berpidato soal situasi pandemi COVID-19, vaksin, perubahan iklim, hingga soal generasi muda itu sendiri.

Melansir dari laman resmi United Nations, UNGA sendiri merupakan organ pembuat kebijakan utama di PBB. UNGA juga menjadi forum diskusi multilateral terkait masalah-masalah internasional yang tercakup dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

 

Mengenal UNGA

BTS beri pidato di sidang PBB, RM dan Jimin pun kenakan jam tangan mewah/dok. Instagram United Nation
BTS beri pidato di sidang PBB, RM dan Jimin pun kenakan jam tangan mewah/dok. Instagram United Nation

Dalam forum UNGA yang memiliki 193 negara anggota punya hak yang sama untuk bersuara. UNGA juga membuat keputusan penting untuk PBB, di antaranya mengangkat Sekjen atas rekomendasi Dewan Keamanan, memilih anggota tidak tetap Dewan Keamanan, dan menyetujui anggaran PBB.

Menjadi forum ke 76, UNGA tahun meminta negara-negara anggota untuk membahas dua hal, yakni terkait mengakhiri pandemi dan mendefinisikan kembali ekonomi global pasca pandemi. Selain mendorong agar pandemi COVID-19 segera berakhir, agenda utama UNGA juga akan membahas soal permasalahan akses vaksin. Sebelumnya, para pakar kesehatan telah berulang kali memperingatkan bahwa dunia tidak akan lepas dari COVID-19 tanpa vaksinasi yang meluas.

Di forum inilah BTS menyampaikan tentang penggemarnya yang telah menghabiskan dua tahun di masa pandemi untuk mempelajari hal baru secara online. Terhubung satu sama lain dalam level yang lebih mendalam mempelajari isu-isu perubahan iklim dan bagaimana mereka dapat membuat perbedaan.

 

Kata BTS dalam UNGA

"Saya pernah mendengar bahwa orang-orang di usia belasan dan 20-an hari ini disebut sebagai generasi yang kehilangan karena COVID-19. Saya pikir ini berlebihan untuk mengatakan bahwa mereka tersesat hanya karena jalan yang mereka lalui tidak dapat dilihat oleh mata orang dewasa," kata RM dalam UNGA.

Masing-masing anggota BTS sudah mendapat vaksinasi COVID-19. Hal ini juga mendorong generasi muda untuk segera mendapatkan vaksinasi sehingga bisa segera keluar dari situasi pandemi.

Simak video berikut ini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela