Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Uang Bisa Beli Kebahagiaan Jika Digunakan untuk Ini

Fimela.com, Jakarta Kata orang "uang tak bisa membeli kebahagiaan". Mungkin kalimat itu tak sepenuhnya benar karena ternyata uang memang mampu membeli kebahagiaan dengan catatan tertentu. Hal ini bahkan dapat dibuktikan secara ilmiah. Tapi catatan seperti apakah sehingga uang bisa dibeli kebahagiaan?

Dilansir dari TIME.com, sebuah penelitian yang dilakukan di Princeton University's Woodrow Wilson School menemukan bahwa semakin rendah pendapatan seseorang maka semakin tidak bahagia hidupnya.

Uang bisa membeli kebahagiaan

Peneliti menganalisis tanggapan dari 450.000 orang Amerika yang disurvei oleh Gallup dan Healthways pada tahun 2008 dan 2009. Mereka diberi bertanyaan tentang bagaimana perasaan mereka menjalani hidup dan seberapa banyak pendapatan mereka.

Hasilnya, orang dengan gaji besar memang merasa lebih bahagia dibandingkan yang bergaji kecil karena bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan membeli apa pun yang mereka inginkan. Penelitian yang dilaksanakan oleh Angus Deaton dan psikolog Daniel Kahneman, ekonom yang pernah memenangkan Hadiah Nobel Ekonomi ini menyebutkan bahwa uang memang memegang peran dalam menentukan kebahagiaan seseorang.

Tapi tidak kemudian berhenti sampai situ. Penelitian juga menyebutkan bahwa kebahagiaan itu hanya akan muncul dan bisa bertahan jika digunakan untuk membeli sesuatu yang bermakna seperti pengalaman baru, donasi atau amal kepada orang lain, membelikan hadiah untuk diri sendiri setelah bekerja keras, atau membelikan sesuatu untuk orang-orang yang dicintai seperti pasangan dan keluarga.

Kamu bisa menggunakan uangmu untuk jalan-jalan jika itu memang bisa membuatmu memiliki pengalaman baru dalam hidup, atau menjadi lebih dermawan dengan menyisihkan uang untuk yang membutuhkan dan lain sebagainya.

Jadi, siapa bilang uang tak bisa membeli kebahagiaan? Nyatanya setiap orang butuh uang, dan uang bisa membeli kebahagiaan dengan cara tertentu. Lagipula banyak orang sering bercanda, jika uang tidak dapat membeli kebahagiaan, berarti uangnya kurang banyak. Bercanda ya Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading