5 Alasan Menerima Diri Apa Adanya adalah Awal Kebahagiaan Terbesarmu

Endah Wijayanti24 Sep 2021, 12:45 WIB
Diperbarui 24 Sep 2021, 12:45 WIB
perempuan dan semangat positif

Fimela.com, Jakarta Hidup tak selalu mudah untuk dijalani. Ada kalanya kita terjatuh. Kadang kita terpuruk dan mengalami sejumlah kegagalan berulang kali. Belum lagi dengan adanya ujian dan cobaan hidup yang terus datang silih berganti.

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman hidup, kita akan menyadari betapa pentingnya menerima diri apa adanya. Bahkan menerima diri apa adanya bisa menjadi awal kebahagiaan terbesar dan terindahmu. Saat kamu merasa ingin menyerah dan kehilangan harapan dalam hidup, mungkin ini saatnya untuk mengambil jeda sejenak dan menepuk bahu perlahan.

1. Rasa Nyaman yang Dirasakan Meningkat

Tampil apa adanya dirimu, kamu menerima dirimu seutuhnya. Kamu pun makin merasa nyaman dengan diri sendiri. Menerima diri apa adanya menjadi langkah awal untuk bisa lebih mencintai diri sendiri. Meski dirimu tak sempurna tapi kamu bisa menjalani hidup dengan lebih baik karena kamu mensyukuri semuanya.

2. Termotivasi untuk Mencoba Lebih Banyak Hal Baru

Kamu makin menyadari bahwa untuk bahagia, kamu perlu mengusahakannya sendiri. Tak bisa kamu selalu bergantung pada orang lain untuk membuatmu bahagia. Dari sini kamu akan lebih termotivasi untuk mencoba lebih banyak hal baru. Mencoba banyak hal baru menambah pengalaman baru yang akan meningkatkan kebahagiaanmu.

3. Tidak Lagi Terus Menerus Menyalahkan Diri Sendiri

perempuan mandiri dan tangguh
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/jidpipat_photo

Pernahkah kamu merasa membenci dirimu sendiri karena telah melakukan kesalahan yang sulit untuk kamu maafkan sendiri? Terus menyimpan perasaan bersalah  hanya akan membuatmu makin terbebani. Dengan menerima diri apa adanya, kamu tak lagi terus menerus menyalahkan diri sendiri. Tidak lagi menyesali kehidupanmu sendiri yang sebenarnya sangat berharga ini.

4. Tidak Lagi Terobsesi dengan Standar Kehidupan Orang Lain

Menerima diri apa adanya, kamu tak lagi terobsesi dengan standar kehidupan orang lain. Jika ada orang yang lebih berprestasi atau memiliki pencapaian yang lebih besar darimu, kamu menjadikannya sebagai motivasi dan suntikan semangat baru. Tak lagi merasa iri apalagi cemburu dengan kehidupan orang lain, sebab kamu lebih fokus untuk meningkatkan kualitas hidupmu yang lebih berharga.

5. Lebih Fokus Menjalani Masa Kini

Semua yang terjadi di masa lalu kamu jadikan sebagai pelajaran. Semua yang masih misteri di masa depan tidak terlalu kamu pusingkan. Kamu lebih fokus menjalani masa kini. Menikmati, menjalani, dan mensyukuri semua yang ada saat ini akan membantumu untuk bisa lebih bahagia. Tidak terlalu terbebani dengan masa lalu atau masa depan yang di luar kontrol diri.

Semoga kamu bisa senantiasa berproses untuk menerima diri seutuhnya dan lebih mencintai kehidupanmu, ya. Kebahagiaan akan selalu mengiri hari-harimu. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela