Menurut Penelitian, Suka Pamer Kemesraan di Media Sosial Tanda Kamu Alami Masalah Ini

Febi Anindya Kirana24 Sep 2021, 17:45 WIB
Diperbarui 24 Sep 2021, 17:45 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Menunjukkan cinta kepada pasangan secara online mungkin bukan hal yang mengejutkan, bahkan sudah jadi hal yang biasa dan wajar dilakukan banyak orang ya Sahabat Fimela. Tapi bagaimana jika terlalu sering dan jatuhnya jadi pamer kemesraan berlebihan?

Ternyata, penelitian membuktikan bahwa ini adalah tanda adanya masalah dalam hubungan cintamu.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal ilmiah PubMed Personality and Social Psychology Bulletin menemukan bahwa menunjukkan kemesraan secara berlebihan dengan pasangan di media sosial sebenarnya tanda adanya masalah dengan hubungan cintamu, terutama adanya perasaan insecure.

Tanda insecure dan rendah kepercayaan diri

couple
ilustrasi/copyrightshutterstock/Narith Thongphasuk38

Peneliti melibatkan 108 pasangan yang menjalin cinta dan meminta mereka mengisi survei setiap malam selama dua minggu untuk melaporkan bagaimana perasaan dan pemikiran mereka tentang hubungan cinta saat ini, aktivitas apa saja yang mereka lakukan di Facebook, termasuk mengirim foto, mengunggah foto, mengomentari, memperbarui status dan lain sebagainya.

Hasilnya, ketika orang-orang merasa insecure atau tidak merasa aman dengan hubungannya, mereka cenderung sering mengumbar hubungan cinta di media sosial untuk menunjukkan bahwa cinta itu ada.

Tindakan ini sebenarnya cara mereka mencari validasi atau pengakuan dari orang lain terhadap hubungan cinta mereka. Ketika orang merasa gelisah dengan hubungan cintanya, mereka tak butuh pengakuan orang lain untuk merasa aman dan nyaman.

Penelitian lain dari Brunel University bahkan menemukan bahwa sering pamer foto dengan pasangan di media sosial tanpa rendahnya kepercayaan diri seseorang yang mengunggah.

Jadi, jangan merasa bangga jika merasa ingin terus mengunggah fotomu dengan pasangan setiap kali masuk ke media sosial. Coba telaah lagi, bisa jadi hubungan cintamu bermasalah.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela