4 Tips untuk Tingkatkan Mood dengan Gaya Hidup Sehat Ala Ayla Dimitri

Fimela Reporter24 Sep 2021, 19:14 WIB
Diperbarui 24 Sep 2021, 19:28 WIB
4 Tips untuk Tingkatkan Mood dengan Gaya Hidup Sehat Ala Ayla Dimitri

Fimela.com, Jakarta Untuk tetap menjalani hidup yang positif dan tetap produktif, memang bukan perkara mudah, terutama di masa pandemi ini. Adanya pembatasan mobilitas aktivitas kerja dan luar ruangan pada masyarakat, telah membatasi aktivitas gerak kita. Namun, kita tidak boleh lupa akan menjaga diri dan kesehatan, seperti dengan menerapkan gaya hidup sehat

Meskipun terhalang oleh pandemi, tak menutup kita tetap dapat bergerak aktif di lingkungan sekitar, bahkan di rumah. Dengan menjaga diri dengan menerapkan gaya hidup sehat, kita dapat meningkatkan kesejahteraan diri dan juga kesehatan tubuh. Menjalani gaya hidup sehat juga dapat menjaga kesehatan mental kita, sehingga mood akan terus seimbang sepanjang waktu. 

Menjalani hidup sehat selama pandemi dan tetap menjaga agar mood tetap stabil, memang terdengar sedikit sulit. Namun, dengan kiat-kiat mudah yang dekat dengan kita sehari-harinya, menerapkan gaya hidup sehat menjadi lebih muda. 

Seperti influencer yang satu ini, Ayla Dimitri, ia menjalankan gaya hidup sehat untuk tetap menjaga keseimbangan moodnya. Simak informasi 4 tips gaya hidup sehat ala Ayla Dimitri untuk meningkatkan mood sekaligus membangkitkan kesehatan mental dalam perbincangan Fimela Talk's x Pantene (24/09).

Rutin berolahraga

4 Tips untuk Tingkatkan Mood dengan Gaya Hidup Sehat Ala Ayla Dimitri
Berolahraga dapat membuat tubuh terasa lebih bugar dan membuat tidur lebih nyenyak (pexels.com/Lisun)

Rutin dalam berolahraga menjadi tips penting bagi kita untuk meningkatkan kesehatan, baik fisik dan mental, di masa pandemi ini. Ayla mengaku semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, kegiatan berolahragnya menjadi lebih teratur dan terprogram. Dengan waktu luang yang tersedia, ia dapat mengoptimalkan kegiatan olahrganya, baik di rumah maupun lingkungan sekitar.

“Kalau dulu aku olahraga hanya untuk mengisi waktu, sekarang aku berolahraga karena memiki program yang ada tujuannya. Menurutku dengan kita membangun habit baru dalam berolahraga dan punya tujuan, itu akan lebih membangkitkan semangat dan memotivasi kita secara lebih,” jelas Ayla. 

Melakukan kegiatan berolahraga secara rutin juga dapat memberi dampak positif terhadap kehidupan kita. Dengan berolahraga kita dapat memacu kerja otak dan otot, meningkatkan hormon endorphin dan meningkatkan euforia dalam hidup. Sehingga hal ini akan meningkatkan rasa bahagia dan kesehatan mental kita. Tidak hanya itu, berolahraga juga dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak.

Mengatur pola makan yang sesuai

4 Tips untuk Tingkatkan Mood dengan Gaya Hidup Sehat Ala Ayla Dimitri
Mengatur pola makan yang sesuai dapat meningkatkan kualitas kesehatan (pexels.com/Lerrine)

Untuk mencapai tujuan yang bersangkutan dengan penampilan, terkadang kita mendorong tubuh kita untuk melakukan sesuatu yang lebih, bahkan di luar kemampuan tubuh kita. Seperti menahan diri untuk mengurangi asupan karbohidrat yang berlebihan. Sedangkan, hal ini malah akan menurunkan kualitas kesehatan tubuh serta mengacaukan mood. Maka dari itu, memilih pola makan yang nyaman bagi tubuh menjadi penting. 

Ketahui pola makan apa yang nyaman untuk dijalani oleh diri kita. Mengatur pola makan sama halnya dengan mengatur hidup kita. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui pola makan yang cocok untuk tubuh kita, sehingga diet menjadi tidak menyiksa dan dapat dilakukan dengan nyaman.

Ayla menjelaskan bahwa konsumsi protein hewani seperti daging, juga memiliki batasannya. Ketika mendekati waktu PMS, asupan protein hewani dapat memengaruhi hormon kita. Asupan protein hewani yang berlebih dapat mengakibatkan tidak seimbangnya hormon, sehingga berpengaruh pada mood kita. 

Mengonsumsi suplemen yang kaya akan nutrisi

4 Tips untuk Tingkatkan Mood dengan Gaya Hidup Sehat Ala Ayla Dimitri
Mengonsumsi suplemen yang baik untuk tubuh dapat meningkatkan imunitas (pexels.com/Ready Made)

Untuk menjaga imunitas serta kualitas kesehatan tubuh, asupan multivitamin yang kaya akan nutrisi pun menjadi kunci. Dengan menjalankan olahraga dan menjaga pola makan yang sesuai, kita dapat mengoptimalkan kerja multivitamin dalam tubuh. Kunci agar asupan nutrisi ini terpenuhi adalah dengan memperhatikan kegunaan masing-masing asupan vitamin.

“Menurutku multivitamin penting, karena multivitamin bisa memenuhi segala aktivitas, jadi kebutuhan badan dan aktivitas kita dapat terpenuhi,” ujar Ayla.

Tak hanya untuk kesehatan badan, mengonsumsi suplemen untuk kesehatan rambut pun menjadi penting. Hal ini untuk menjaga agar penampilan rambut kita terbebas dari masalah kerontokan dan kulit rambut.

Berdasarkan fakta dalam jurnal kesehatan Tropical Life Science Research menyatakan bahwa, seseorang yang rutin mengonsumsi lemak sehat dan protein, serta sampai 100 mg vitamin E, memiliki sistem metabolisme yang lancar. Hal ini juga akan membantu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sebanyak 34 persen. Maka dari itu asupan vitamin untuk tubuh, baik dari dalam serta luar, dapat memberikan dampak positif kepada kesehatan dan penampilan kita.

Tetap tampil maksimal untuk setiap situasi

Ilustrasi Potong Rambut
Ilustrasi potong rambut. (dok. Unsplash.com/nordwood)

Kunci agar mood kita tetap seimbang sepanjang waktu juga dapat diperoleh ketika kita tampil maksimal. Meskipun hanya beraktivitas di rumah, Sahabat Fimela juga dapat memoles sedikit riasan wajah dan menata rambut untuk kepentingan zoom atau video call. Kesehatan rambut pun menjadi faktor penting agar kita bisa tampil secara all out. 

Ayla menyatakan bahwa menurutnya penampilan yang baik menjadi faktor untuk menyeimbangkan mood kita. Selain asupan vitamin dari dalam, ia juga memikirkan tentang produk yang ia gunakan dari luar, seperti produk rambut, wajah dan kulit badan.

“Dalam setahun terakhir ini, karena pandemi, aku jadi lebih memperhatikan urusan kulit dan rambut. Apalagi karena berada di ruangan AC dan berkeringat karena olahraga, aku takut rambut aku rontok. Dan akhirnya aku menggunakan Pantene Perawatan Rambut Rontok Baru. Varian s shampo dan kondisioner ini memiliki kandungan  Pro-Vitamin yang bekerja seperti multivitamin. Mampu membantu rambut aku agar lebih sehat dan bertumbuh dengan baik,” ujar Ayla.

Tidak hanya memperhatikan gaya rambutnya, ia juga memberikan waktu untuk merawat rambutnya secara lebih. Pada waktu senggangnya, ia tidak akan menata rambut dengan catokan atau pengering rambut, sehingga rambutnya dapat bernapas dan beristirahat sejenak. 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓