5 Fakta Viral Bayi Dijadikan Manusia Silver, Orangtua Korban Diberi Ubah Rp 20 Ribu

Hilda Irach28 Sep 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2021, 11:14 WIB
5 Fakta Viral Bayi Dijadikan Manusia Silver, Orangtua Korban Diberi Ubah Rp 20 Ribu

Fimela.com, Jakarta Belum lama ini viral di media sosial sebuah foto yang menampilkan seorang wanita mengajak bayi mengemis menjadi manusia silver. Peristiwa ini terjadi di Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel).

Mirisnya, tubuh bayi yang digendong itu juga dicat silver. Mulai dari wajah hingga kaki, bayi 10 bulan tersebut semuanya tertutup cat berwarna silver.

Unggahan ini sontak viral di media sosial dan banyak menuai respon negatif dari netizen. Banyak di antaranya yang mengajukan protes dan meminta petugas menindak wanita tersebut.

Dilansir Liputan6.com, Satpol PP Kota Tangsel pun langsung bergerak mencari tahu keberadaan ibu dan anak manusia silver tersebut lalu mengamankannya. Lebih lanjut, berikut sederet fakta viral bayi yang dijadikan manusia silver.

1. Satpol PP turun tangan

5 Fakta Viral Bayi Dijadikan Manusia Silver, Orangtua Korban Diberi Ubah Rp 20 Ribu
Begini fakta dibalik foto viral bayi yang dijadikan manusia silver. (unsplash/ev).

Dari video dan laporan masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) pun langsung bertindak. Satpol PP mencari sang wanita yang membawa bayi tersebut saat mengamen di SPBU Parakan, Pamulang, Tangerang Selatan.

Setelah ditemukan, petugas membawa manusia silver yang membawa bayi tersebut ke kantor Satpol PP. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan.

“Kami dapati namanya dan ia tinggal di Jalan Salak, ngontrak bersama anak dan katanya suami sirinya," ungkap Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kota Tangsel Muhammad Muksin, dikutip dari Liputan6.com.

2. Sang ibu memang berprofesi sebagai manusia silver

Potret Nenek Manusia Silver
Tangan keriput nenek berusia sekitar 60 tahun ini dengan cekatan melumuri tangan kaki dan mukanya dengan cat seharga Rp 35 ribu/kaleng sehingga tak nampak lagi kulitnya yang berwarna coklat kehitaman. (merdeka.com/Arie Basuki)

Benar saja, bayi tersebut memang tinggal bersama ibunya yang sehari-hari berprofesi sebagai Manusia Silver. Kepada petugas diketahui, ibu muda muda tersebut berusia 21 tahun dan anaknya masih berusia 10 bulan.

"Sudah kami data awalan, langsung kami bawa ke rumah singgah Dinas Sosial, selanjutnya kami serahkan ke Dinas Sosial kota Tangsel, " ujar Muksin.

3. Sang ibu tak tahu anaknya dijadikan manusia silver

5 Fakta Viral Bayi Dijadikan Manusia Silver, Orangtua Korban Diberi Ubah Rp 20 Ribu
Begini fakta dibalik foto viral bayi yang dijadikan manusia silver. (unsplash/picsea).

Setelah diamankan di dinas sosial, diketahui bahwa yang menggendong bayi silver itu bukan ibunya. Muksin menyebut ibu muda ini justru tak tahu anaknya dijadikan manusia silver.

Meskipun sehari-hari ibu ini berprofesi menjadi manusia silver, ia tak pernah mengajak anaknya menjadi manusia silver. Sebelum mencari nafkah, ibu berinisial N ini selalu menitipkan anaknya ke tetangga.

"Pengakuan awal ibunya, biasanya dia menitipkan anaknya itu ke tetangga, enggak pernah ikutan jadi manusia silver," kata Muksin.

 

4. Diberi upah oleh tetangga Rp 20 ribu

5 Fakta Viral Bayi Dijadikan Manusia Silver, Orangtua Korban Diberi Ubah Rp 20 Ribu
Begini fakta dibalik foto viral bayi yang dijadikan manusia silver. (pexels/ ahsanjaya).

Begitupula pada hari di mana video yang viral itu direkam. Kepada petugas, ibu tersebut mengaku memang melihat ada cat di tubuh anaknya. "Tahu-tahu badannya, tangan, kaki, mukanya sudah silver semua," kata Muksin.

Lalu, N langsung diberi uang Rp 20 ribu oleh tetangganya itu, sebagai upah untuk membeli susu. "Diupahin Rp 20 ribu, katanya buat beli susu. Karena sudah dari usia 6 bulan dia enggak minum ASI lagi, sekarang dikasihnya susu kental manis," terang Muksin.

 

5. Kini Diamankan di Rumah Singgah Dinsos Tangsel

5 Fakta Viral Bayi Dijadikan Manusia Silver, Orangtua Korban Diberi Ubah Rp 20 Ribu
Begini fakta dibalik foto viral bayi yang dijadikan manusia silver. (pexels/pixabay).

Hingga kini, ibu dari bayi silver itu dilaporkan telah diamankan di rumah singgah Dinsos Tangsel untuk ditindak lanjuti oleh petugas. "Sudah diserahkan oleh Pol PP kepada kami, sekarang sudah diamankan di rumah singgah," ungkap Kadinsos Kota Tangsel Wahyunoto, Minggu (26/9/2021).

Muksin berharap kejadian serupa tidak terulang lagi di sekitar kota Tangsel. Ia pun menegaskan bahwa satpol PP akan mengambil tindakan tegas dan merazia orang-orang yang mengeksploitasi balita seperti kejadian bayi silver ini.

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela