Sukses

Lifestyle

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Lakukan 5 Perubahan Sederhana Ini!

Fimela.com, Jakarta Sebagian orang pasti pernah melakukan berbagai upaya agar bisa tidur dengan nyenyak seperti memutar balikan badan agar bisa mengantuk dan tertidur. Namun, terkadang usaha itu nyatanya sia-sia. Kurangnya tidur membuat badan tidak fit saat beraktivitas di pagi dan siang hari.

National Health Service mengungkapkan orang dewasa membutuhkan enam hingga delapan jam untuk tidur nyenyak. Dengan begitu, tubuh memiliki waktu untuk memberikan energi yang cukup untuk hari selanjutnya dan mengatur fungsi otak serta sistem kekebalan tubuh.

Menjaga kebersihan tidur yang baik menjadi salah satu kunci untuk bangun dengan perasaan segar dan siap menjalani aktivitas. Tak perlu melakukan perubahan gaya hidup yang berlebihan agar bisa tidur lebih nyenyak. Dimulai dengan penyesuaian kecil yang sederhana sudah bisa menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik. Dilansir Women and Home, Jumat (8/10/2021), berikut tips perubahan sederhana agar Sahabat Fimela dapat tidur lebih nyenyak.

1. Menulis Jurnal Setiap Hari

Perasaan stres akibat masalah sehari-hari dapat membuat seseorang tetap terjaga di malam hari. Jika perasaan ini muncul, sebaiknya kamu membuat jurnal di penghujung hari. Hal ini menjadi salah satu cara yang bagus untuk mengalihkan pikiran-pikiran buruk. Menulis jurnal dengan mencatat setiap mimpi buruk yang dialami hingga menelaah arti mimpi dapat membantu menenangkan pikiran di malam hari serta mengatasi kecemasan.

2. Melakukan Meditasi

Meditasi berfungsi untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Sistem saraf parasimpatis bertanggung jawab atas fungsi istirahat dan pencernaan tubuh. Kemudian, meditasi dapat membantu seseorang bersantai dan tertidur lebih cepat. Penelitian terbaru oleh Direktur Sains pada salah satu aplikasi meditasi mengungkapkan lebih dari 85% orang yang bermeditasi dengan aplikasi selama 10 menit setiap harinya telah melaporkan tidur yang lebih baik dan lebih lama.

3. Mengurangi Konsumsi Kafein

Pada biasanya, ketika lelah melanda, kopi menjadi incaran kamu agar tetap terjaga sepanjang hari. Namun mengonsumsi kafein yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kemampuan seseorang untuk tidur. Efek samping kafein paling umum adalah menghalangi proses di otak yang memungkinkan tubuh merasakan kelelahan sehingga membuat lebih sulit tidur. Sebagai gantinya, Sahabat Fimela dapat mengonsumsi teh herbal.

4. Olahraga dan Tetap Aktif Setiap Hari

Rosie Stockly yang merupakan Spesialis Kebugaran Wanita menjelaskan dalam menjaga gaya hidup aktif sangat bagus untuk otot, tulang dan suasana hati serta tingkat kebugaran. Selain itu, ini juga mampu untuk membantu tidur. Namun, hindari olahraga dengan intensitas tinggi hingga larut malam. Lakukan olahraga treadmill di pagi hari dan pilih olahraga yang ringan seperti yoga di malam hari untuk memulai sistem istirahat serta penceraan tubuh.

5. Hindari Makan Terlambat

Jadikan makan malam yang paling sehat dan terkecil dalam sehari. Usahakan untuk meninggalkan sekitar dua sampai empat jam antara makan dan tidur. Dengan begitu, tubuh dipastikan memiliki banyak waktu untuk mencerna makanan dengan benar sebelum tertidur. Ketika makan terlalu cepat sebelum tidur, maka kamu akan tidur dalam keadaan lapar. Jika tubuh kekurangan kalori, yang dibutuhkan untuk mengisi ulang ialah dengan menyimpan karbohidrat dan lemak.

Sahabat Fimela, yuk mulai perubahan sederhana ini agar bisa tidur dengan nyenyak dan sehat!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading