5 Rekomendasi Buku Cerita Rakyat yang Menginspirasi

Vania Al kautsar12 Okt 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 12 Okt 2021, 17:09 WIB
Sapta Siaga

Fimela.com, Jakarta Cerita rakyat merupakan kisah imajinasi yang dibuat oleh masyarakat, di mana tidak jelas pengarangnya dan seolah-olah cerita itu nyata yang terjadi di masa lampau. Bahkan biasanya cerita rakyat mengandung pesan moral yang bisa kita jadikan pembelajaran.

Selain itu cerita rakyat juga menjadi salah satu hal menarik apabila kita bacakan untuk anak-anak, hal ini dapat meningkatkan imajinasi anak terhadap suatu cerita. Tak hanya itu cerita rakyat juga dapat membentuk karakter anak, karena pesan moralnya yang selalu disajikan.

Nah bagi orang tua yang ingin mencari buku cerita rakyat, bisa cek di bawah ini beberapa rekomendasi cerita rakyat yang wajib dibacakan untuk anak :

1. Rangkuman 100 Cerita Rakyat Indonesia

Buku satu ini, menjadi salah satu rekomendasi pertama jika kamu ingin membacakan buku kepada anak. Buku ini juga merangkum 100 cerita rakyat Indonesia, seperti terdapat cerita rakyat jawa tengah, bali, Kalimantan, nusa tengga dan banyak lainnya. Selain itu cerita ini juga mengandung pesan moral yang berbeda dari setiap ceritanya dan tak hanya itu cerita yang disajikan tentunya berbeda dari yang biasanya.

2. Buku Seri Riri : Cerita Rakyat Nusantara

Riri merupakan kumpulan dongen, cerita rakyat, dan fable baik dari nusantara maupun seluruh pelosok. Riki dikemas dengan berbagai ilustrasi yang menarik dan gaya bahawa yang mudah dipahami oleh anak. Riri dalam buku ini menceritakan tentang 10 cerita rakyat nusantara, seperti legenda keong mas, asal usul Surabaya, dan masih banyak lainnya.

3. Cerita Rakyat Jawa Tengah

Buku ini dapat mengenalkan aksara jawa pada anak melalui cerita didalamnya, selain itu buku ini juga tak hanay menyajikan cerita rakyat saja lho. Terdapat beberapa aktivitas yang dapat orang tua lakukan bersama anak, untuk melatih motorik halus dan mengasah kecerdasan. Seri ini menjadi salah satu rekomendasi buku cerita rakyat, karena mengangkat tema huruf jawa.

4. Buku Timun Mas

Cerita ini mengisahkan tentang sepasang suami istri yang hidup sederhana, namun belum dikaruniai anak. Setiap malam ia berdoa kepada Tuhan agar diberikan momongan, hingga akhirnya mereka ke gua untuk menemui raksasa yang akan memberikan keturunan. Selang beberapa saat memohon ia diberikan biji-bijian timun, saat tumbuh besar yang ternyata didalamnya ada bayi. Kemudian ia namakan bayi tersebut timun Mas.

Pastinya cerita rakyat satu ini sudah taka sing lagi ditelinga kita, ternyata kisah timun mas ini juga memiliki pesan moral yaitu jika kita memohon sesuatu mintalah pertolongan tersebut kepada Tuhan. Jangan pernah untuk meminta pertolongan selain Tuhan, jikalau kamu tidak ingin hidup dalam bahaya. Cerita ini juga dapat mengajarkan kepada sang anak, bahwa untuk selalu berdoa dan memohon pertolongan pada Tuhan.

5. Buku Bawang Putih dan Bwang Merah

Kisah bawang putih dan bawang merah berawal dari, putih yang tinggal bersama ayah dan sang ayah pergi untuk bertugas dan ia menemukan perempuan yang akan dijadikan sebagai istrinya. Calon istri tersebut adalah seorang janda yang memiliki anak bernama merah, setelah menikah dan ayah putih meninggal. Akan tetapi Putih diperlakukan buruk oleh keluarga sendiri.

Cerita rakyat satu ini cocok bagi orang tua yang ingin membacakan kepada anak-anak, karena memiliki pesan moral yang mengajarkan pada anak untuk selalu bersikap baik. Selain itu perbuatan jahat akan selalu mendapatkan balasan yang setimpal, cerita ini juga dapat memberikan pengajaran kepada anak untuk selalu berbuat baik, dimanapun dan kapanpun.

Nah itulah beberapa rekomendasi buku anak yang harus kamu coba bacakan kepana sang buah hati, selain memberikan pesan yang baik juga dapat meningkatkan imajinasi anak.

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela