7 Penyebab Wifi Lemot yang Perlu Kamu Tahu

Vania Al kautsar13 Okt 2021, 07:45 WIB
Diperbarui 13 Okt 2021, 07:45 WIB
Wifi

Fimela.com, Jakarta Bagi pengguna wifi yang aktif, pasti pernah mengalami wifi yang lemot atau keterlambatan koneksi internet. Hal itu tentu membuat kita merasa bosan, karena kita tidak dapat mengakses internet dengan cepat. Pernah nggak sih? kamu mengetahui penyebab wifi lemot? Tetapi jika kamu mengalami hal tersebut jangan langsung menyalahkan providernya secara langsung ya. 

Dengan kecepatan wifi untuk mengakses internet, maka hal tersebut yang membuat kamu lebih menyukai menggunakan wifi dari pada data internet yang dapat menghabiskan uang jajan. Sedangkan menggunakan wifi yang sedikit mahal, dapat memenuhi kebutuhan satu rumah untuk mengakses internet.

Akan tetapi jika kamu mengalami hal seperti wifi lemot dan keterlambatan kamu dapat mengetahui di bawah ini, berikut beberapa penyebab wifi lemot

1. Jarak dari Router

Posisi Router
Ilustrasi Posisi Router Credit: pexels.com/Evelyn

Sinyal wifi berasal dari router, jika kamu semakin jauh dengan router maka akan membuat sinyal yang lemah serta kecepatannya. Ada baiknya jika kamu memiliki router di tengah rumah karena hal ini dapat menjangkau beberapa ruangan yang ada di rumah kamu, selain itu jika kamu memiliki rumah yang besar juga dapat memperlukan perpanjangan wifi untuk mendorong sinyal ke lantai 2 atau ke area yang ingin kamu butuhkan.

2. Penempatan Router

Tak hanya jarak dari router, kamu juga dapat memeprhatikan penempatan router seperti tinggi dan rendahnya. Jika kamu meletakkan router di bawah, seperti di lantai akan memperlambat kinerja wifi, sebaliknya jika kamu menaruh router pada tempat yang tinggi akan membantu kamu untuk memperlukan jangkauan siaran antenna router.

3. Perbarui Router

Masih mengenai router, ternyata router salah satu hal yang penting dalam kecepatan wifi maupun wifi yang lemot, ternyata router juga perlu diperbaharui untuk mendapatkan hasil yang baik. Tak hanya handphone yang perlu kamu perbaharui untuk mendapatkan kinerja yang lebih, router juga memeprlukan hal tersebut. Jika kamu meperbaharui firmware router dan system operasi akan mendapatkan pembaharuan kinerja dan perbaikan keamanan.

4. Periksa Kabel Koneksi

Ilustrasi kabel | Brett Sayles dari Pexels
Ilustrasi kabel | Brett Sayles dari Pexels

Banyaknya router atau moden yang masing menggunakan kabel koaksial RG-6 untuk menghubungkan internet, salah satu sambungan kabel yang longgar juga dapat mmeperngaruhi kinerja router. Dengan hal tersebut kamu dapat mengencangkan konektor kabel, kamu juga dapat memastikan kabel agar tidak bengkok serta periksa kabel dari dinding ke kotak kabel luar.

5. Terlalu Banyak Browsing

Jika kamu salah satu tipe orang yang menyukai browsing dengan 20 tab sekaligus, menyalakan youtube, spotify, atau mengedit foto secara bersamaan. Hal tersebut tentunya akan membebani CPU dan RAM dalam perangkat yang kamu miliki. Dengan begitu tentunya akan membuat kinerja laptop kamu akan melambat, kamu dapat mengatasinya dengab menutup beberapa tab dan applikasi.

6. Handphone atau Laptop yang Lama

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi
Ilustrasi Menggunakan Laptop Credit: pexels.com/cottonbro

Hal ini mungkin tidak ada hubungannya dengan router wifi, akan tetapi penggunaan handphone atau laptop yang sudah lama memiliki perbedaan kecepataan. Jika router atau moden kamu cepat akan tetapi hal itu tidak dapat membantu kecepatan perangkat yang kamu miliki, terutama perangkat yang berusia lebih dari 3-4 tahun.

7. Terlalu Banyak Perangkat yang Terhubung ke Wifi

Ternyata jika terlalu banyak perangkat yang terhubung ke wifi bisa menjadi salah satu penyebab wifi lemot, sekarang kamu dapat menghitung berapakah perangkat yang terhubung di wifi saat kamu dirumah? Seperti laptop, komputer, handphone, dan TV. Tentunya hal tersebut akan berebut untuk mengunduh dan browsing yang kamu cari, dengan beberapa router juga akan memungkinkan untuk memprioritaskan beberapa perangkat yang terlebih dulu menyambung pada wifi.

Nah, itulah beberapa penyebab dari wifi lemot. Yang perlu kamu ketahui, jangan sampai ketika wifi lemot, menyalahkan providernya. Tetapi sebaiknya kamu memeriksa kendala yang terjadi akibat wifi lemot.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela