5 Kelebihan Orang yang Mudah Memaafkan

Baiq Nurul Nahdiat14 Okt 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 14 Okt 2021, 08:45 WIB
Kelebihan Orang yang Mudah Memaafkan

Fimela.com, Jakarta Terkadang, kesalahan yang dilakukan orang lain membuat kita jadi sulit memaafkan dan menyimpan dendam dalam waktu yang lama. Memaafkan memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena dibutuhkan kebesaran dan ketulusan hati. Tetapi, percayalah saat kamu berani memaafkan maka kamu telah menjadi orang yang kuat.

Berikut ini beberapa kelebihan dan keuntungan orang yang mudah memaafkan.

1. Membantu menyembuhkan luka

Kebencian adalah emosi yang kuat dan berbahaya yang membuatmu sulit merasakan kedamaian. Luka emosional seperti itu tidak dapat sembuh selama kamu menahan rasa sakit. Jadi, satu-satu cara agar kamu juga bisa sembuh dari ‘luka hati’ ialah memaafkan.

2. Baik untuk kesehatan

Penelitian menunjukkan hubungan positif antara kesehatan dan memaafkan. Ini karena tindakan memaafkan dapat mengurangi stres, yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik. Jadi, dengan memaafkan itu bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya tahah tubuh dan mengurangi rasa nyeri. Sebaliknya, menyimpan dendam bisa membuatmu merasa cemas, stres hingga mudah terserang penyakit.

3. Meningkatkan kualitas hubungan

Kelebihan Orang yang Mudah Memaafkan
Kelebihan Orang yang Mudah Memaafkan. (ilustrasi/photo created by tirachardz - www.freepik.com)

Kebencian terhadap seseorang akan mengubah cara pandangmu tentang orang lain bahkan dunia. Sehingga bersikap penuh kasih terhadap diri sendiri dan orang yang dibenci dapat mengubah pandanganmu ke arah yang positif, membina hubungan yang lebih sehat dan menumbuhkan kebahagiaan dalam hidupmu.

4. Membuatmu jadi orang lebih baik

Kamu mungkin merasa tidak masalah untuk membenci seseorang bahkan tidak bertatap muka saat bertemu dengannya. Kamu memang punya hak untuk itu. Tetapi, kalau kamu memaafkan, itu adalah tindakan luar biasa yang akan membuatmu menjadi orang yang lebih baik. Bahkan, kamu telah memberi kesempatan pada orang lain untuk tumbuh dan belajar.

5. Mengenal dirimu sendiri

Kelebihan Orang yang Mudah Memaafkan
Kelebihan Orang yang Mudah Memaafkan. (ilustrasi/shutterstock.com/interstid)

Rasa marah pada seseorang adalah emosi, jadi untuk bisa membebaskanmu dari rasa marah seperti itu  kamu harus belajar memaafkan. Dan salah satu cara untuk memaafkan ialah dengan mengenal terlebih dahulu emosi yang kamu rasakan dan mengetahui apa yang sebenarnya paling kamu butuhkan. Memaafkan juga termasuk cara untuk belajar mengendalikan emosi.

Bagaimana pun juga sikap memaafkan adalah hal yang hanya dimiliki oleh orang-orang kuat. Dan semoga dirimu adalah salah satu dari orang kuat itu, Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela