Doa Ketika Mimpi Buruk agar Tidur Lebih Nyenyak

Kezia Prasetya Christvidya21 Okt 2021, 13:41 WIB
Diperbarui 21 Okt 2021, 14:15 WIB
Ibadah Kepada Allah SWT

Fimela.com, Jakarta Sering kali mimpi buruk bisa membuat seseorang ketakutan, sangat cemas dan kepikiran sepanjang hari. Setiap mimpi yang muncul dalam tidurmu, memiliki arti tersendiri yang dijadikan sebagai tanda dalam kehidupan.

Menurut Bukhari hadis no 5847 dan Muslim hadis no 1771, mimpi berasal dari dua macam, yang pertama adalah ru'ya yang berasal dari Allah SWT, dan yang kedua hilm yang berasal dari setan.

Tak perlu khawatir jika Sahabat Fimela mendapatkan mimpi yang buruk. Sebaiknya perbanyak doa dan melakukan amalan, agar mimpi buruk itu tidak membuatmu ketakutan. Berikut doa ketika mimpi buruk, yang dilansir dari Merdeka.com:

Bermimpi dalam Perspektif Islam

Doa Sholat
Ilustrasi Membaca Doa Credit: shutterstock.com

Menurut agama Islam, sebuah mimpi memiliki fungsi dan tujuannya tersendiri. Dalam al- Qur’an mimpi terbagi menjadi tiga bagian yaitu Ahlam ﻡّﺤا yang artinya mimpi tersebut tidak benar atau kosong, Adghos ܁اﻐضا artinya mimpi yang bercampur dengan ahlam kacau balau, dan Ru’yah ﻩاﻴﺆﺮ yaitu mimpi yang berasal dari Allah SWT.

Imam Ahmad mengeluarkan dalam musnadnya hadis yang berbunyi: Rasulullah SAW bersabda tidak ada kenabian sepeninggal aku kecuali kabar gembira sahabat bertanya kepada Rasulullah apa kabar gembiranya? beliau menjawab mimpi yang baik atau mimpi yang shalih. (Ahmad bin Hanbal: 24524)

Bahkan Ubadah bin Shamit radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Mimpi seorang mukmin adalah 1 dari 46 bagian kenabian.” (HR. Bukhari 6987, Muslim 6043 dan yang lainnya).

Doa Ketika Mimpi Buruk

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha
Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/pixabay

Ketika mendapatkan sebuah mimpi buruk, kamu bisa membacakan doa berikut ini:

A’udzu billahi bima 'adzat bihi malaikatullahi wa rasulihi min syarri ma raaitu fi manami an yushibani minhu syaiun akrahuhu fiddunya wal akhirati.

Artinya:

"Aku berlindung kepada Allah dengan sesuatu yang para malaikat Allah dan utusan-Nya berlindung, dari keburukan apa yang aku lihat di dalam tidur, agar tidak menimpa kepadaku sesuatu yang aku tidak sukai di dunia dan akhirat."

Selain itu, kamu juga bisa melafalkan doa berikut ini:

" Allahuma inni a'udzubika min amalisy syaithon wa sayyiatil akhlam."

Artinya:

" Ya Allah, sesungguhnya saya berlindung kepada Engkau dari perbuatan setan dan buruknya mimpi."

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by