5 Tanda Perempuan Kompeten untuk Sukses meski Kadang Merasa Rendah Diri

Endah Wijayanti26 Okt 2021, 13:35 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 13:35 WIB
melindungi diri

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup kadang kita mengalami perasaan rendah diri atau insecure. Ada situasi atau keadaan yang membuat kita merasa tidak cukup cakap untuk melakukannya. Bahkan kadang kita merasa tak punya daya atau harapan untuk melakukan sesuatu dengan baik.

Perasaan rendah diri yang hadir mungkin akan membuatmu sedih. Namun, tak perlu berlarut-larut dalam kesedihan atau kegalauan. Selalu ada peluang atau kesempatan untuk menjadi perempuan yang kompeten dan sukses. Selalu ada harapan untuk mencapai impian dan keinginan kita sebagai perempuan.

1. Terus Berproses Meningkatkan Kemampuan Diri

Kamu memang kadang masih merasa rendah diri. Kadang merasa tidak bisa apa-apa dan hidup rasanya tidak ada gunanya. Namun, kamu tidak terus meratapinya. Justru dengan mengakui ketidakberdayaanmu dan hal-hal yang menjadi kekuranganmu, kamu termotivasi untuk terus berproses. Berprose menggali potensi dan terus meningkatkan kemampuan diri. Meski langkah yang kamu ambil bukanlah langkah-langkah besar, tapi setidaknya kamu tidak mudah menyerah.

2. Mengasah Kelebihan Diri tanpa Terintimidasi dengan Kekurangan Diri

Ada kelebihan dan kekurangan yang kamu punya. Itu semua jadi bagian dari dirimu. Kamu mengenali semua kelebihan dan kekurangan yang ada. Dari situ, kamu berupaya untuk terus mengasah hal-hal yang kamu bisa dan melakukan segala hal yang bisa kamu lakukan. Perasaan rendah diri yang hadir menjadi semacam pengingat bahwa selalu ada peluang untuk mengasah kelebihanmu.

 

3. Memiliki Jurnal Pengembangan Diri

menulis jurnal
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pondsaksit

Melansir laman EverydayHealth, salah satu strategi untuk mengatasi perasaan rendah diri adalah dengan membuat dokumentasi. Caranya bisa dengan membuat jurnal. Jurnal harian yang bisa berisi proses atau hal-hal yang sudah berhasil kamu capai untuk bisa sampai ke target atau tujuanmu. Dengan memiliki jurnal semacam ini, setidaknya kamu tidak akan merasa mudah tersesat atau bingung ketika perasaan rendah diri muncul.

4. Berani Mencoba Hal-Hal Baru

Wajar jika kita merasa takut saat akan mencoba hal baru. Lumrah saat kita merasa takut mengambil risiko baru. Meski begitu, kamu selalu membuat tantangan untuk diri sendiri dalam mencoba hal-hal baru. Setiap hal dan pengalaman baru yang kamu dapatkan bisa memperkaya hidupmu.

5. Tidak Terus Menerus Menyalahkan Diri Sendiri atau Keadaan

Kadang saat kita merasa rendah diri kita cenderung menyalahkan banyak hal. Mulai dari menyalahkan diri sendiri hingga menyalahkan orang lain atau keadaan. Sedih boleh, tapi bukan berarti harus berlarut-larut di dalamnya. Terima perasaanmu apa adanya, tetapi setelah itu kembali bangkit dan melangkah ke depan.

Semoga kamu bisa mencapai target dan impianmu, ya. Rasa rendah diri yang hadir memang membuat kita tak nyaman, tetapi kita selalu punya kesempatan untuk melakukan hal-hal yang lebih baik dalam hidup kita.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela