6 Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Vania Al kautsar26 Okt 2021, 14:50 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 14:50 WIB
Ilustrasi HP Mati

Fimela.com, Jakarta Seiring berkembangnya zaman, kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Salah satunya yaitu berkomunikasi, kita dengan mudah berkomunikasi dengan orang melalui jarak jauh hanya dengan menggunakan Handphone (HP). Karena memiliki banyak fungsi, tentunya HP ini dapat kita bawa kemanapun dan kapanpun.

Selain itu HP juga sangat membantu aktivitas kita sehari-hari, meskipun memiliki banyak kegunaan tak jarang HP juga dapat mengalami beberapa masalah, salah satunya yaitu mati total. Penyebab HP mati total atau mati sendiri juga bisa sangat beragam, dan dapat terjadi pada HP lama maupun baru.

HP yang mati sendiri tidak mau nyala, meskipun sudah dipencet bagian manapun tentu membuat kita khawatir. Apalagi jika kita selalu mengandalkan HP dalam setiap saat, oleh karena itu sebaiknya kamu harus mengetahui apa saja penyebab HP mati sendiri. Berikut di bawah ini 6 penyebab HP mati sendiri yang harus kamu tahu:

1. File Sampah yang Menumpuk

Ilustrasi HP Mati
Ilustrasi HP Mati/https://www.shutterstock.com/gaudi Lab

Salah satu penyebab utama HP mati sendiri adalah terlalu banyak menyimpan chance, Chance merupakan “file sampah” yang biasa disimpan otomatis dalam ponsel, selain itu jika menumpuk maka akan memberatkan kinerja handphone kamu. Hal ini yang tentu dapat memicu HP kamu mati sendiri.

Salah satu cara untuk mengatasi chance yang menumpuk , dengan membersihkan aplikasi bawaan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti: CCleaner, Clean Master, files by Google, Phone Master, dan iClean. File chance juga banyak didapat dari applikasi dan browser, jika kamu sering menggunakan browser lebih baik menghapus beberapa pencarianmu di browser.

2. Kondisi Baterai

Tak hanya file sampah yang menumpuk, kondisi baterai juga harus kamu perhatikan lho. Kemungkinan besar penyebab HP mati sendiri adalah kondisi baterai yang drop atau sudah tidak bagus lagi, kondisi ini kerap sekali terjadi pada HP yang sudah berusia lama. Perlu kamu tahu bahwa baterai yang sudah tidak sehat lagi akan memiliki pengaruh performa pada handphone, solusinya denga menggantu baterai dengan yang baru.  

3. Overheat atau Kepanasan

Kamu salah satu yang sering menggunakan HP walaupun panas? Jika HP kamu selalu digunakan akan membuat overheat, Hardware yang terlalu panas dapat terjadi karena baterai smartphone yang bermasalah. Namun jika hal ini terjadi maka akan merambat pada sistem hardware yang lainnya, seperti RAM, processor, dan lainnya. Hal ini tentu yang akan membuat HP mati dengan sendirinya.

Namun kamu jangan khawatir, cukup mengatasi dengan menggunakan mode hemat daya , mengurangi kecerahan layar, matikan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth, Menutup applikasi yang sudah tidak digunakan, Menghindari penggunaan HP saat sedang di charge, dan Jangan terlalu sering menggunakan HP saat diluar ruangan.

4. Usia HP yang Sudah Tua

Ternyata HP juga memiliki batasan usia lho, hal ini yang dapat membuat HP kamu mati sendiri. HP yang sudah dipakai lebih dari 4-5 tahun dapat dikatakan sudah tua. Namun dari segi kualitas tentunya akan menurun, sebaiknya jika HP kamu sudah tua jangan memaksakan hardware bekerja terlalu keras.

Jangan khawatir kamu dapat mengatasinya dengan tidak membeli HP baru kok, cukup mencoba opsi reset dan mengganti baterai HP. Dengan cara tersebut biasanya kinerja Hp akan jadi normal kembali.

5. Sistem Applikasi yang Rusak

Kerusakan pada perangkat lunak dan munculnya bug, virus juga dapat menyebabkan HP mati sendiri, Bug maypun keruskana pada perangkat lunak biasanya akan ditandai dengan HP yang sering mati-nyala sendiri. Bisa jadi ponsel kamu mati tiba-tiba mati sendiri karena belum melakukan update, kamu juga dapat mengecek dan membuka applikasi pengaturan dan memilih opsi sistem.

6. Overload pada Chipset dan Memori RAM

Masalah hardware dapat mempengaruhi sistem pada HP kita, jika beban yang terlalu banyak juga dapat membuat sistem hardware bekerja terus-menerus. Handphone juga memiliki tipe dan kinerja masing-masing, overload pada hardware seperti memeri RAM juga dapat membuat hang.

Kamu dapat mengatasinya dengan menghapus beberapa applikasi yang tidak digunakan untuk melonggarkan memori RAM maupun internal, solusi lainnya kamu juga dapat memindahkan ke memori eksternal dan juga rutin membersihkan file sampah maupun chance.

Itulah beberapa penyebab HP mati dengan sendirinya, namun kamu juga jangan khawatir jika mengetahui penyebab HP mati sendiri. Karena kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan beberapa cara diatas, serta perhatikan kesehatan HP kamu agar awet dan cepat saat digunakan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela