5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Menyesali Keputusan

Baiq Nurul Nahdiat26 Okt 2021, 17:05 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 17:05 WIB
Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Menyesali Keputusan

Fimela.com, Jakarta Terkadang kesalahan dalam mengambil keputusan membuat kita jadi menyesal dan merasa bersalah. Rasa sedih dan marah saat salah mengambil keputusan adalah hal yang wajar dan dirasakan setiap orang. Namun perlu kita ingat bahwa itu bukanlah akhir dari segalanya. Justru kesalahan akan membuat kita jadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan saat menyesal dengan keputusan yang kamu pilih.

1. Terima emosimu

Jika kamu menekan emosi, justru itu akan semakin membuatmu merasa bersalah dan tak merasa tenang. Tetapi jika kamu menerima emosi yang kamu rasakan misalnya penyesalan, rasa bersalah atau rasa sedih, itu akan membuatmu lebih mudah memaafkan kesalahanmu.

2. Maafkan dirimu.

Jangan terlalu keras pada diri sendiri setelah mengambil keputusan yang buruk. Langkah terpenting adalah memaafkan diri sendiri. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berlarut dalam rasa bersalah. Jadikanlah kegagalan sebagai pelajaran agar kamu jadi lebih baik ke depannya.

3. Terima penyesalanmu

Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Menyesali Keputusan
Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Menyesali Keputusan. (Ilustrasi/copyrightshutterstock/Chanintorn.v)

Penyesalan dapat membantumu mengingat hal-hal yang ingin kamu hindari dalam hidup yang akan membantumu untuk membuat keputusan lebih baik ke depannya. Jadi terimalah penyesalanmu kemudian lakukanlah hal yang lebih baik.

4. Belajar dari kesalahan

Semua orang melakukan kesalahan dan itu adalah hal yang wajar. Jangan menghindari kesalahan apalagi menjauhinya. Jika kamu ingin menjadi orang yang lebik baik, kamu harus mau menghadapinya agar kamu bisa belajar kesalahan tersebut.

5. Percalah tidak ada keputusan yang benar-benar buruk

Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Menyesali Keputusan
Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Menyesali Keputusan. (Ilustrasi/copyright shutterstock/wavebreakmedia)

Setiap pilihan dan keputusan pasti memiliki konsekuensinya maasing-masing. Semua hal dalam hidup pasti ada sisi baik dan buruknya. Begitu juga dengan keputusan yang kamu anggap salah, meskipun itu kamu anggap buruk pasti ada saja hal baik yang ada di dalamnya.

Keputusan yang salah mungkin membuat kita menjadi putus asa dan tidak semangat menjalani kehidupan. Namun jika kamu ingin jadi orang yang lebih baik lagi, kamu harus bisa belajar dari kesalahan tersebut.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela