Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang yang Bertanggung Jawab

Fimela.com, Jakarta Memiliki rasa tanggung jawab adalah salah satu tanda bahwa kamu berpikiran dewasa. Tanggung jawab adalah sikap bijak saat kita menghadapi permasalahan, orang yang bertanggung jawab tak akan lari begitu saja dari masalah, tapi ia akan menghadapinya sepenuh hati dengan usaha atau pikirannya.

Mau tahu bagaiamana tanda lainnya dari orang yang bertanggung jawab? Simak selengkapnya di sini!

1. Tidak lari dari masalah

Ciri paling menonjol pada orang yang bertanggung jawab adalah tidak lari dari masalah. Kamu berani menghadapi segala permasalahan dengan atau tanpa bantuan dari yang lainnyaa. Apaagi jika itu kesalahanmu sendiri, kamu akan melakukan segala cara untuk mencari solusinya agar masalah tak semakin besar.

2. Sangat optimis

Orang yang bertanggung jawab yakin akan kemampuan yang dimilikinya, ia tidak akan mudah menyerah dalam apa pun. Meskipun kamu menyadari bahwa kemu memiliki kekurangan, tetapi kamu tidak menjadikan kekuranganmu sebagai hambatan. Justru kekurangan membuatmu terpacu jadi orang yang lebih baik lagi.

3. Memiliki pendirian

Kamu juga tak akan mudah terpengaruh oleh orang di sekitarmu. Saat kamu memiliki tujuan, kamu akan mengusahakannya hingga berhasil. Kamu memiliki tekad dan pendirian kuat yang membuatmu tak mudah goyah oleh apa pun.

4. Pintar mengendalikan emosi

Orang yang bertanggung jawab bukan orang egois yang hanya mementingkan keinginannya sendiri. Tetapi ia juga memikirkan perasaan orang lain. Ia tahu apa yang harus dilakukan dan diucapkan pada orang lain. Meskipun terkadang orang lain membuatnya marah, namun ia tahu bagaimana cara mengendalikan emosi dan pikirannya.

5. Mengakui kelemahannya

Salah satu ciri lainnya dari orang yang bertanggung jawab ialah mengakui kelemahannya. Dia tak malu untuk mengatakan bahwa dia tidak bisa atau tidak tahu. Daripada sok tahu yang ujung-ujungnya merugikan diri sendiri dan orang lain, dia lebih baik mengatakan yang sebenarnya dan itu juga merupakan sikap bertanggung jawab.

Nah, itulah sekian tanda atau ciri dari orang yang bertanggung jawab. Apakah kamu memilikinya, Sahabat Fimela?

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading