Sukses

Lifestyle

Magnificent Environmental Brand – Rekosistem: Layanan Konsultasi Manajemen Pengelolaan Sampah yang Perjuangkan Ekosistem Berkelanjutan

Fimela.com, Jakarta Produksi sampah akan selalu dihasilkan selama proses yang disebut konsumsi berlangsung dari dunia ini. Namun, jarang ditemukan inisiatif yang diambil untuk memperbaiki proses setelah konsumsi terjadi, atau yang disebut rantai nilai limbah.

Hal inilah kemudian yang mendasari berdirinya Rekosistem. Berasal dari gabungan dua kata yakni ‘re’ yang berarti daur ulang atau terbarukan, dan ‘ekosistem’ yang berarti solusi mengubah perilaku yang ada menjadi komunitas yang lebih ramah lingkungan.

Rekosistem adalah Startup pengelolaan zero waste end-to-end yang memperjuangkan ekosistem yang berkelanjutan. Rekosistem bertujuan untuk memformalkan model pengelolaan sampah dan meningkatkan nilainya. Rekosistem memungkinkan setiap entitas dalam rantai tersebut untuk tampil maksimal melalui teknologi dan inovasi.

Rekosistem akan memberikan nilai tambah dalam setiap upaya yang dilakukan mulai dari pemilahan, pengumpulan, pengambilan, daur ulang, dan pemrosesan sampah. Visi Rekosistem adalah menghadirkan ekonomi sirkular ke kota dan mendefinisikan kembali ekosistem tanpa limbah yang menyeluruh.

Pengelolaan sampah digital

Rekosistem memiliki 2 pilar, yakni Repick dan Renergi.  Repick adalah pengelolaan sampah digital yang meningkatkan tingkat pemisahan dan pengumpulan sampah melalui aplikasi dan ekosistem smart drop box. Rumah tangga, pemulung, perusahaan pengangkut sampah, agregator, dan pusat daur ulang adalah entitas yang akan dilayani melalui Repick.

Sementara Renergi adalah metode pencernaan Anaerobik yang mengubah sampah organik menjadi energi terbarukan. Ini adalah digester sampah organik yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan industri.

Renergi menggunakan metode anaerobik untuk menghasilkan energi berupa biometana dan pupuk berupa bio-slurry. Renergi menyediakan kapasitas dan desain biodigester yang disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini dapat dirancang untuk masyarakat dan industri.

Energi terbarukan yang dihasilkan dapat disesuaikan dari biogas untuk pembakaran, gas biometana terkompresi (CBG) hingga listrik. Model ini akan membantu perusahaan pengolahan limbah untuk mengelola limbah organik dan lebih banyak industri menghasilkan energi terbarukan dengan cara yang paling efisien. Renergi menjadi proses yang penting sebagai solusi penyumbang sampah terbesar.

Program pengelolaan sampah

Sejalan dengan komitmennya, belum lama ini Rekosistem bekerja sama dengan PT MRT Jakarta untuk menyediakan layanan stasiun sampah dan mesin atau Rebox untuk pengumpulan sampah kemasan minuman plastik dan sampah anorganik di Stasiun MRT Blok M.

Sampah anorganik yang diterima kemudian dipilah dan didistribusikan ke pengolah sebagai bahan baku proses daur ulang. Selain di Stasiun MRT Blok M, Rebox juga tersedia di daerah lainnya, seperti di Pantai San Antonio (Golf Island) PIK, Ruko Beach View Jakarta Utara, SPBU Shell Gatot Subroto, dan masih banyak lagi. 

Pengguna individu yang berpartisipasi dalam penyetoran sampah akan mendapatkan poin dalam bentuk uang digital yang terdapat pada aplikasi Rekosistem. Rekosistem terpilih menjadi salah satu nominasi kategori Magnificent Environmental Brand dalam penghargaan Magnificent 11 Awards yang digelar Fimela. Sahabat Fimela bisa ikut berpartisipasi dalam memberikan voting di sini.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading