Sukses

Lifestyle

9 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan yang Sering Bikin Khawatir

Fimela.com, Jakarta Kucing merupakan salah satu hewan yang menggemaskan. Tak jarang banyak orang yang memelihara hewan lucu satu ini. Selain itu hewan lucu ini selalu membuat pemiliknya tertawa keran tingkahnya yang sangat menggemaskan.

Namun beberapa hewan, seperti kucing juga memiliki nafsu makan yang berkurang. Tentunya kamu juga harus memperhatikan hal tersebut bila terjadi pada kucing kamu. Kucing juga bisa lebih rentan terhadap penyakit jika mereka tidak mau makan.

Selain itu ada semacam perubahan metabolism yang dapat merusak jaringan hati, biasanya disebut lipidosis hati. Berikut beberapa penyebab kucing tidak mau makan yang perlu kamu tahu:

1. Berada di Lingkungan Baru

Tak hanya bosan dengan makanan yang diberikan. Beberapa kucing akan kehilangan nafsu makan jika mereka berada di lingkungan baru. Seperti manusia, kucing tentunya butuh waktu untuk beradaptasi, ia juga merupakan mahluk yang memiliki rutinitas. Sehingga ketika kucing berada di lingkungan baru, ia juga harus bersiao untuk menghadapi perubahan.

2. Kucing Sakit

Alasan yang paling umum kucing tidak nafsu makan adalah karena sakit.  Beberapa penyakit yang sedang dialami kucing seperti infeksi, gagal ginjal, masalah usus, dan kanker. Namun beberapa penyakit yang tidak serius juga dapat membuat kucing tidak mau makan, salah satunya yaitu sakit gigi.

3. Penyakit Sistem Pencernaan

Selanjutnya dapat dikarenakan penyakit sistem pencernaanya. Masalah dengan perut, usus, pancreas, atau bagian lain dari sistem pencernaan kucing juga dapat membuatnya berhenti makan.

4. Rasa Makanan

Mungkin bisa jadi ketika kucing kamu tidak nafsu makan adalah karena ia belum familiar dengan makanan yang kamu beri. Terlebih saat kamu baru mengadopsi dan baru merawat kucing yang baru. Ada baiknya jika kamu memang melakukan adaptasi makanan dan mencoba beberapa sejumlah merk makanan kucing.

5. Vaksinasi

Apakah kamu menyadari kucing tidak nafsu makan saat ia setelah vaksinasi? Jika begitu, bisa jadi asalan ia tidak mau makan dapat dikarenakan reaksi negatif terhadap suntikan. Meskipun begitu vaksin ia juga dapat menyelatkan hidup bagi berbagai jutaan hewan, selain itu hal ini dapat menyebabkan efek samping pada beberapa hewan.

6. Menelan Benda Asing

Penyebab kucing tidak nafsu makan selanjutnya dapat dikarenakan menelan suatu benda asing. Beberapa kucing juga memiliki pantangan untuk makanan yang tidak boleh mereka telan atau tidak dapat diproses.

Benda asing yang menyangkut kemudian dapat menjadi penghalang. Halangan tidak akan membiarkan makanan melewati saluran pencernaan hal ini tentunya dapat menyebabkan kucing muntah, maka kemungkinan dapat menyebabkan kucing memiliki masalah kurang nafsu makan.

7. Tekstur dan Bentuk Makanan

Beberapa kucing munglin tidak menyukai makanan kering. Hal ini juga dapat terjadi karena tekstur dan bentuk makanan yang tidak menarik perhatian kucing. Kamu juga dapat mencoba mencampurkan makanan kering dan makanan basah, atau dapat memberikan makanan secara bergantian.

8. Masalah Saluran Pernapasan

Kucing tidak nafsu makan juga dapat disebabkan oleh kondisi serius seperti tanda penyakit tertentu. Salah satunya yaitu tanda bahwa ia dapat mengalami masalah pernapasan. Saluran pernapasan biasanya dapat menimbulkan beberapa gejala, salah satunya yaitu kehilangan nafsu makan.

9. Masalah Psikologis

Jika kamu sudah berkonsultasi ke dokter hewan saat kucing saat ada masalah dengan nafsu makan. Biasanya dokter akan menentukan bahwa kucing kamu memiliki masalah tidak sakit secara fisik. Perubahan kondisi rumah juga dapat menganggu kucing yang sensitif. Kamu juga perlu mengingat bahwa kucing juga membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan diri dengan jenis makan yang baru.

Nah itulah beberapa penyebab masalah kucing tidak nafsu makan yang mungkin dapat membantu kamu. Selain itu semoga informasi diatas dapat membantu kamu untuk mengetahui penyebab kucing tidak nafsu makan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading