5 Cara Melepaskan Rasa Dendam yang Membelenggu

Gayuh Tri Pinjungwati29 Nov 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 29 Nov 2021, 14:15 WIB
Single

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup tentu kita semua pernah mengalami rasa sakit dan luka. Terkadang ketika mengalami hal itu kita sangat mungkin menyimpan rasa benci dan dendam. Terutama perasaan itu akan muncul ketika seseorang telah menyakiti kita.

Kita semua tahu, menyimpan dendam bukanlah sikap yang baik. Tidak mudah memang untuk menghilangkan rasa sakit itu. Tapi dengan beberapa cara di bawah ini, mungkin bisa membantumu untuk melapaskan diri dari rasa dendam kepada seseorang. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Akui Masalahnya

Cari tahu apa yang menyebabkan kamu menyimpan dendam. Kamu harus tahu apa masalahnya untuk menyelesaikannya. Ketika kamu membiarkan diri melihat masalah sebenarnya, kamu kemudian dapat membuat pilihan untuk bergerak maju dari sana.

2. Cobalah untuk Menempatkan Diri

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang orang lain, cobalah menempatkan diri pada posisi mereka. Ini akan memberimu pemahaman yang lebih baik tentang sudut pandang dan perilaku mereka. Semakin kamu memahami orang lain dan perilakunya, semakin mudah untuk melepaskan dendam.

3. Terimalah Rasa Sakit Itu

Pilihan untuk menciptakan penyembuhan adalah dengan atau tanpa permintaan maaf. Tetapi, ketika seseorang tidak datang meminta maaf kepadamu, ada baiknya untuk mengkihklaskan. Sulit memang, tapi jika kamu benar-benar bisa melakukannya, ini akan membuatmu jauh lebih baik dan damai.

4. Tak Perlu Memikirkannya

single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/atiger

Setelah kamu memutuskan untuk membiarkan dan mengkhilaskannya teruslah bergerak maju. Jangan terlalu memikirkan situasi atau masalah yang telah berlalu dan jangan mengungkitnya. Itu hanya akan membuat segalanya lebih buruk dan lebih sulit untuk diatasi. Jika suatu masalah diangkat dalam percakapan, ubah topik pembicaraan atau lihat saja sebagai masa lalu.

5. Ambil Sisi Positif

Untuk setiap situasi negatif tentu ada sisi positifnya. Jika kamu menganggap ini sebagai pengalaman belajar, kamu akan mendapat manfaat dari mengetahui lebih banyak tentang diri dan orang lain. Pilih untuk belajar pelajaran berharga atau memiliki pemahaman yang lebih baik yang dapat membantumu melepaskan masalah dan tidak membenci orang lain.

Menyimpan dendam tidak baik tentunya dan ini tidak berguna. Akan lebih baik untuk melepaskan rasa sakit itu dan mempelajari sisi positif masalah tersebut.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela