Bicara tentang Pentingnya Inovasi untuk UMKM di IdeaFest 2021

Annissa Wulan28 Nov 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 28 Nov 2021, 09:00 WIB
Bicara tentang Pentingnya Inovasi untuk UMKM di IdeaFest 2021

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang UMKM, banyak hal menarik yang bisa terus digali, terutama untuk kamu para pelaku bisnis yang baru saja memulai. Dan jika kita bicara tentang bisnis, maka tak lepas dari inovasi, tapi sebenarnya apa itu inovasi dan bagaimana cara terbaik untuk menerapkan inovasi pada bisnis yang sedang dijalani?

IdeaFest 2021 bicara tentang pentingnya inovasi bagi UMKM. Di hari Sabtu (27/11/2021), IdeaFest 2021 menghadirkan Denny Winoto, selaku Co-Founder FlexyPack.com dan Fandy Silalahi, selaku VP of Community & Merchant Success Tokko dengan tema "Why Innovation Is Vital For Small Bussiness?"

Sebelum memikirkan inovasi, para pelaku bisnis harus melihat peluang pasar dan akses yang ada. Dua hal ini penting untuk nantinya dijadikan landasan inovasi guna memperluas bisnis.

Inovasi sebenarnya harus terus dilakukan dari awal bisnis berdiri, hingga setidaknya 5 tahun setelahnya. Para pelaku bisnis harus terus berpikir bagaimana agar pasar terus menyukai produk yang dijual, jadi kesuksesan seringkali justru tidak datang dari spesifikasi produk yang dijual, tapi dari inovasi atau cara berpikir owner bisnisnya.

 

IdeaFest 2021 bicara tentang pentingnya inovasi bagi UMKM

IdeaFest 2021
IdeaFest 2021. Foto: Instagram.

"Mindsetnya itu sudah bukan kapan harus inovasi, karena inovasi memang harus dilakukan sejak awal."

Sedangkan hasil dari inovasi yang dilakukan para pelaku bisnis dikatakan harus diketahui sejak awal. Faktor yang perlu diukur adalah risiko dan untuk melakukan inovasi, para pelaku bisnis sebaiknya melibatkan banyak pihak melalui interaksi dengan pasar dan sesama pelaku UMKM lainnya.

Dari interaksi yang ada, diharapkan ada perubahan di langkah selanjutnya dan setiap perkembangan yang ada, sebaiknya dicatat atau direkam. Bicara tentang inovasi, tidak melulu tentang produk, tapi juga pemasaran, kemasan, dan interaksi atau komunikasi yang terjadi saat menjalankan bisnis.

Satu hal terpenting selain inovasi adalah bagaimana para pelaku bisnis bisa membangun relasi dengan para pelanggan setia agar bisnisnya terus berkembang. Daya juang seorang pemilik bisnis itu merupakan faktor penting.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela