Cerita Pilu Relawan yang Temukan Jasad Ibu Gendong Bayi Terkubur Lahar Gunung Semeru

Vinsensia Dianawanti06 Des 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 06 Des 2021, 12:00 WIB
Penyebab Gunung Meletus

Fimela.com, Jakarta Erupsi Gunung Semeru mengakibatkan sejumlah wilayah di Lumajang, Jawa Timur tertimbun lahar. Di salah satu dusun, yakni di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, ditemukan jasad seorang ibu yang tengah menggedong bayinya.

Keduanya ditemukan tertimbun lahar Gunung Semeru saat ditemukan relawan. Lokasinya sendiri berada di dalam rumah yang atapnya sudah hancur dan pondasi yang tertimbun abu vulkanik.

Ketua Baret Gerakan Pemuda Nasdem Jember David Handoko Seto menyebut saat melakukan penyisiran, relawan menemukan jenazah ibu dan anak yang tertimbun lahar Gunung Semeru. Ia juga menyebut ada 15 orang tim Baret Rescue yang turun ke lokasi letusan Gunung Semeru untuk membantu tim BPBD Lumajang dalam evakuasi korban.

Diduga korban saat itu ingin menyelamatkan diri dari guguran awan panas Semeru.

 

Keluarga dari seorang kakek

Gunung Meletus
Ilustrasi Gunung Meletus Credit: pexels.com/Asa

Korban ditemukan di bawah tumpukan pasir dan abu vulkanik setebal kurang lebih dua meter. Relawan mengetahui keberadaan korban dari bagian telapak tangan yang berada di permukaan pasir.

Tim relawan menyusuri wilayah tersebut karena permintaan seorang kakek yang meminta agar anak dan cucunya diselamatkan. Tim langsung berangkat pukul 6 pagi dan menemukan jasad seorang ibu menggendong anak, yang merupakan anak dan cucu dari sang kakek.

Mengetahui hal tersebut, sang kakek pun histeris. Ia mengatakan bahwa sang ibu merupakan anaknya yang berumur sekitar 25-30 tahun dengan anaknya yang masih balita dalam posisi digendong. Kedua korban sendiri tidak bisa dikenali karena banyak kulit yang terkelupas. Namun dapat diidentifikasi melalui pakaian yang ia kenakan.

 

Dievakuasi dengan hati-hati

Kedua korban pun dievakuasi dengan sangat hati-hati menggunakan sekop dan alat seadanya.

"Kami juga menemukan tiga jenazah yang masih terjebak di dalam truk pengangkut pasir yang tertimbun lahar Semeru," katanya mengutip dari Liputan6.com.

Pihaknya pun langsung berkoordinasi dengan Basarnas dan BPBD Lumajang untuk mengevakuasi jenazah tersebut. Tim relawan juga menemukan tujuh jenazah lainnya yang tertimbun lahan Semeru.

 

Simak video berikut ini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela