Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian INTP, yang Ditunjukan Jungkook BTS di Akun Instagramnya

Anisha Saktian Putri07 Des 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 07 Des 2021, 09:00 WIB
Jungkook BTS Tunjukan Hasil Test Kepribadian Terbaru di Akun Instagramnya, begini hasilnya.

Fimela.com, Jakarta Ketujuh member BTS, RM, Jin, Suga, JHope, Jimin, V, dan Jungkook baru saja membuat akun Instagram pribadi. Tak perlu waktu lama, akun pribadi mereka langsung dibanjiri oleh para penggemar.Jumlah followers mereka terus bertambah, kini diketahui masing-masing member sudah mencapai 10 juta followers dan masih terus bertambah.

Para member pun telah memposting beberapa foto di feed dan story Instagram mereka. Termasuk anggota termuda Jungkook. Lewat akun Instagram @abcdefghi__ lmnopqrstuvwxyz, ia membagikan hasil test kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Jungkook mengatakan sebelumnya hasil test tersebut menunjukan bahwa dirinya memiliki kepribadian ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving) adalah satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Namun, ia menyampaikan jika test kepribadian terbarunya menunjukan dirinya memiliki kepribadian INTP 

Seorang ISFP umumnya dikenal sebagai pribadi yang kalem dan pecinta damai. Sebagai seorang introver, orang dengan kepribadian ISFP ini sepintas tampak sangat tertutup tapi dia memiliki sejumlah kelebihan sendiri.

Dilansir dari verywellmind.com, seorang ISFP memiliki kelebihan seperti sangat peduli terhadap lingkungan, lebih suka dengan hal-hal praktis, menyukai proses pembelajaran yang langsung bisa diterapkan di dunia nyata, setia memegang nilai dan prinsip yang diyakininya.

Seorang ISFP bisa memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap lingkungan di sekitarnya. Dia sangat cinta damai tak suka terlibat dalam konflik atau perselisihan. Cenderung memfokuskan dirinya pada apa yang terjadi sekarang, bukan mencemaskan hal-hal atau sesuatu yang belum tentu terjadi di masa yang akan datang.

Namun adapula mekurangan Seorang ISFP, misalnya tidak menyukai hal-hal yang abstrak dan teoritis,  tampak sangat tertutup dan pendiam, butuh privasi, tidak menyukai argumen dan konflik.

Pada kesan pertama, seorang ISFP bisa tampak begitu tertutup dan pendiam. Tapi ini tak lain adalah bagian dari karakter dan keistimewaannya. Ia juga seringkali memilih jalan tengah bila dihadapkan pada konflik atau masalah karena tidak menyukai perselisihan. Dalam mencerna informasi atau pengalaman, seorang ISFP seringkali menggunakan atau melibatkan perasaannya sendiri. 

Tipe kepribadian INTP

BTS Tampil Menjadi Model Pakaian Pria Louis Vuitton Fall/Winter 2021
Sedangkan anggota termuda BTS, Jungkook mengenakan pakaian serba hitam, dengan inner kemeja bergaris dan dasi. Dan aksesori kalung LV menyerupai penghapus (Louis Vuitton)

Namun, Jungkook pada akun Instagram pribadinya mengatakan jika kini test kepribadiannya menunjukan jika ia seorang introverted, intuitive, thinking, dan perceiving (INTP) yang biasanya terkenal sebagai individu yang pendiam, berwawasan luas, tenang, dan analitis.

Orang dengan tipe kepribadian INTP adalah orang yang sangat menghargai kebenaran, pengetahuan, dan kompetensi. Oleh sebab itu, tipe kepribadian ini dijuluki dengan sebutan ‘Si Pemikir’ atau ‘Si Logis’.

Diperkirakan 1–5% populasi dunia kepribadian INTP. Beberapa tokoh terkenal yang memiliki kepribadian ini antara lain Albert Einstein, Isaac Newton, Rene Descartes, dan Bill Gates.

Melansir Alodokter, ada beberapa karakteristik utama tipe kepribadian INTP.

1. Suka menyendiri

Sebagai seorang introvert, pribadi INTP sangat suka menghabiskan waktunya seorang diri. Ia lebih suka memusatkan perhatiannya pada pikirannya sendiri daripada dunia luar, terutama ketika ia sedang tertekan.

Orang dengan tipe kepribadian INTP juga biasanya tidak memiliki lingkaran pertemanan yang luas. Ia cenderung tidak percaya diri bila berada pada lingkungan yang baru dan lebih suka bersosialisasi dengan sekelompok kecil orang-orang terdekatnya yang memiliki minat dan kesenangan yang sama dengannya.

2. Pemikir

Pribadi INTP umumnya adalah seorang pemikir. Ia sangat menyukai teori dan ide-ide abstrak. Pribadi INTP biasanya ingin memiliki pemahaman yang lengkap terhadap segala hal.

Selain itu, orang dengan tipe kepribadian INTP juga selalu sibuk memikirkan bagaimana segala hal bisa terjadi, dan mereka juga selalu mencoba untuk menemukan berbagai solusi inovatif bagi setiap masalah yang ada.

3. Analitis

Tidak hanya pemikir, orang dengan tipe kepribadian INTP biasanya juga merupakan orang yang sangat analitis. Saat sedang dihadapkan dengan situasi yang mengharuskannya membuat keputusan, pribadi INTP cenderung mengesampingkan perasaan serta mengutamakan sifat logis dan objektif.

Saat pribadi INTP mendapatkan informasi dan pengalaman baru, ia akan membandingkannya dengan apa yang sudah diketahui sebelumnya untuk mencari pola dan membuat prediksi mengenai apa yang mungkin terjadi selanjutnya.

4. Fleksibel

Karakteristik tipe kepribadian INTP lainnya adalah fleksibel. Pribadi INTP sangat suka jika ia memiliki banyak pilihan terhadap suatu hal. Oleh sebab itu, biasanya ia tidak menyukai aturan dan perencanaan, karena kedua hal ini dianggap bisa mengekang kebebasannya.

5. Jujur

Pribadi INTP umumnya juga merupakan pribadi yang sangat jujur dan apa adanya. Ia percaya bahwa kebenaran adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, pribadi INTP tidak akan segan untuk mengatakan kebenaran, walau mungkin akibatnya dapat melukai perasaan orang lain.

Karena pribadi INTP juga sangat analitis, ia akan mudah sekali mengetahui ketika seseorang sedang tidak berkata jujur.

Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian INTPSetiap tipe kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan tipe kepribadian INTP.

Beberapa contoh kelebihan tipe kepribadian INTP, Logis, Objektif, Pemikir, Independen, setia, jujur, Rasional

Sementara itu, beberapa kekurangan yang dimiliki orang kepribadian INTP antara lain, sulit dimengerti, tidak peka, tidak menyukai aturan, sulit mengungkapkan perasaan atau emosi.

Karir yang Cocok untuk Tipe Kepribadian INTPOrang-orang berkepribadian INTP sangat cocok untuk karir yang berhubungan dengan sains. Pasalnya, mereka adalah pribadi yang sangat logis, memiliki nalar yang sangat kuat, dan juga mampu berpikir kreatif.

Pribadi INTP bisa bekerja dengan sangat baik bila ia memiliki waktu dan tempat untuk berkonsentrasi tanpa adanya gangguan apa pun. Maka dari itu, ia lebih suka bekerja di lingkungan yang fleksibel ketimbang di lingkungan kerja yang memiliki banyak aturan.

Beberapa contoh pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian INTP adalah ahli kimia, fisikawan, programmer, insinyur, ahli matematika, apoteker, ahli geologi, dan ilmuwan forensik.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela