5 Cara Mudah dan Sederhana agar Pintar Berbahasa Inggris secara Autodidak

Fimela Reporter07 Des 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 07 Des 2021, 18:30 WIB
5 Cara Mudah dan Sederhana agar Pintar Berbahasa Inggris secara Autodidak

Fimela.com, Jakarta Di era yang sudah mengaburkan perbedaan jarak seperti saat ini, hubungan antara manusia dengan manusia lain semakin luas dan mudah seiring dengan kemajuan teknologi. Kebutuhan akan kemampuan berbahasa pun semakin jelas terasa.

Kemampuan berbahasa ini sangat penting dimiliki untuk menjalin hubungan dengan banyak orang dari berbagai negara. Rata-rata orang akan secara otomatis berpikir untuk mempelajari Bahasa Inggris yang memang merupakan pilihan pertama bagi mereka yang ingin mempelajari bahasa negara lain untuk pertama kalinya.

Di sekolah pun kita sudah dibekali dasar-dasar dari bahasa ini. Bukan tanpa sebab, Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional.

Meskipun sudah sejak lama Bahasa Inggris menjadi bagian dari pembelajaran dasar bahasa asing, tetap saja tidak semua orang benar-benar berhasil menguasainya.

Tapi tidak perlu khawatir, berikut ini adalah cara mudah yang bisa kamu lakukan agar pintar berbahasa Inggris secara autodidak.

1. Pelajari kata dasar dalam Bahasa Inggris

5 Cara Mudah dan Sederhana agar Pintar Berbahasa Inggris secara Autodidak
Menguasai kemampuan berbahasa Inggris tidak harus dilakukan dengan mengikuti kursus, tapi bisa juga dilakukan secara autodidak. (Ilustrasi Membaca Kamus Credit: unsplash.com/Priscilla)

Ini adalah hal paling dasar yang harus dilakukan. Mempelajari kata-kata ini tidak perlu kata yang terlalu rumit atau sulit, hanya kata sederhana yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Misalnya seperti "ayah", "ibu", "kamu", "aku", "selesai", "makan", "haus", dan lain sebagainya.

Biasanya tanpa sadar, ada banyak kata Bahasa Inggris yang ada di sekitar kita. Bisa juga dengan memerhatikan sekitar, kamu akan mendapatkan kosakata baru yang bisa dipelajari. Dan yang terpenting adalah kamu harus menghafal kata-kata itu.

 

2. Ketahui dan pelajari tata bahasa dalam Bahasa Inggris

Hal ini sangat penting bagi kamu yang ingin mempelajari suatu bahasa. Tata bahasa atau grammar adalah hal yang harus kamu ketahui agar dapat menyusun suatu kalimat. Apabila kamu sudah mengetahui dan menghafal banyak kosakata, memahami grammar pun tidak akan menjadi persoalan yang terlalu sulit.

Walau memang banyak yang merasa bahwa grammar tidak terlalu harus diperhatikan, tapi ini adalah sesuatu yang penting agar tatanan bahasamu tidak menjadi berantakan. Dengan mengetahui grammar juga kamu akan lebih mudah memahami suatu kalimat Bahasa Inggris.

 

3. Biasakan diri dengan Bahasa Inggris atas hal-hal kecil yang dilakukan

5 Cara Mudah dan Sederhana agar Pintar Berbahasa Inggris secara Autodidak
Menguasai kemampuan berbahasa Inggris tidak harus dilakukan dengan mengikuti kursus, tapi bisa juga dilakukan secara autodidak. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Di masa seperti ini sekarang ini, terpaan Bahasa Inggris bisa didapatkan dari mana saja. Untuk cara kedua ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Misalnya, kamu bisa membiasakan diri mendengarkan lagu berlirik Bahasa Inggris lalu menuliskan liriknya sambil memahami setiap patah kata di dalamnya. Jika ada kata yang tidak kamu ketahui atau pahami, kamu bisa mencari artinya dari kamus. Cara ini bisa melatih kemampuan dengarmu dan menambah kosakata baru.

Kemudian, kamu juga bisa mulai membiasakan diri membaca tulisan-tulisan berbahasa Inggris seperti dari buku cerita, komik, artikel, atau bahkan menggunakan takarir Bahasa Inggris ketika menonton film asing. Lagi-lagi hal ini penting untuk menambahkan kosakata Bahasa Inggrismu.

4. Berlatih menulis kalimat panjang dalam Bahasa Inggris

Berlatih menulis kalimat panjang dalam Bahasa Inggris akan memperlihatkanmu seberapa kamu menguasai bahasa tersebut. Kamu akan tahu akan ada banyak kekurangan yang harus diperbaiki jika kamu melakukan latihan seperti ini.

Dengan terus berlatih dan memperbaiki diri atas kekurangan diri sendiri, kemampuan berbahasa Inggris kamu yang sesuai dengan tatanan bahasa yang tepat pun akan semakin baik serta terasah.

5. Belajar berbicara dalam Bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari

5 Cara Mudah dan Sederhana agar Pintar Berbahasa Inggris secara Autodidak
Menguasai kemampuan berbahasa Inggris tidak harus dilakukan dengan mengikuti kursus, tapi bisa juga dilakukan secara autodidak. (Foto: Pexels/Alexandr Podvalny)

Praktek memang sangatlah penting ketika sedang mempelajari hal baru. Ketika mempelajari bahasa, praktek adalah keharusan dan jadikan sebagai rutinitas. Kamu bisa bicara dalam Bahasa Inggris dengan orang yang fasih berbahasa Inggris, ataupun berlatih terlebih dahulu di depan cermin.

Praktek ini dilakukan untuk melatih kemampuan bicaramu agar tidak kagok dan terbiasa berpikir cepat untuk memilih kata dalam Bahasa Inggris. Pada awal-awal, tidak perlu paksakan diri bicara dalam tatanan bahasa yang sempurna. Lakukan saja sesuai kemampuan kamu, tapi biasakan diri untuk sering berlatih dan jangan pernah menyerah atau merasa malu jika melakukan kesalahan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris secara autodidak.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela