7 Penyebab Hp Tiba-Tiba Mati yang Bikin Panik

Vania Al kautsar08 Des 2021, 12:13 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 12:20 WIB
Hp - Vania

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu pengguna iphone mauapun android, mungkiun akan familiar jika hp yang kamu gunakan tidak selalu berjalan mulus saat awal pembelian. Bayangkan saat kamu sedang menonton film di hp atau bermain game namun tedapat notifikasi “baterai sisa 20%”.

Hal tersebut mungkin sangat menjengkelkan, kecanggihan yang ditawarkan di hp tidak selalu berjalan dengan baik. Terkadang baterai hp juga tidak kooperatif dan akan membuat kamu jarang bermain handphone. Seperti adanya masalah hp tiba-tiba mati.

Tentu hal tersebut akan membuat kita panik, padahal hp kita masih terdapat beberapa sisa baterai lagi. Untuk itu kamu perlu tahu apa saja penyebab hp tiba-tiba mati yang sering bikin panik. Berikut di bawah ini beberapa penyebab hp tiba-tiba mati:

1. Kecerahan Layar yang Terlalu Tinggi

HP malam hari
Membuka HP pada malam hari./Copyright shutterstock.com/g/pujislab

Penyebab utama pengurasan baterai adalah mengatus kecerahan layar terlalu tinggi. Kamu dapat mengatur kecrahan di dalam hp untuk memungkinkan kecerahan secara otomatis dan menentukan sevrapa terang layat berdasarkan lingkungan.

2. Hp mencari Jaringan WiFi

Menggunakan wifi secara terus menerus akan lebih baik daripada penggunaan data yang akan membuat hp kamu cepat panas dan baterai habis. Namun, jika hp kamu terus-menerus mencari sinyal wifi di perjalanan, maka akan membuat baterai hp kamu cepat habis atau mati. Saat diperjalanan ada baiknya jika kamu mematikan wifi untuk mencegah hp kamu mencari sinyal yang tidak akan kamu gunakan.

3. Notifikasi yang Terus Menyala

perempuan zodiak pegang hp
Ilustrasi/Shutterstock.com/wee dezign

Banyangkan apa yang dilakukan hp kamu setiap hari saat kamu menyalakan semua notifikasi. Jika notifikasi terus menerus menyala, bergetar sepanjang hari mungkin akan membuat hp kamu cepat habis. Aliran notifikasi yang konstan akan menyulitkan masa pemakaian baterai ponsel kamu. Kamu dapat memastikan untuk mengaktifkan notifikasi di applikasi yang kamu gunakan.

4. Applikasi yang Terus Bekerja

Kamu dapat memriksa applikasi mana yang menggunakan daya baterai paling banyak (dengan membuka applikasi pengaturan dan menavigasi ke baterai di android atau iOS). Kamu akan melihat applikasi yang paling sering kamu gunakan dalam daftar. Kamu dapat menonaktifkan aktivitas notifikasi.

5. Berlebihan menggunakan Applikasi dan Aktivasi yang Menguras Baterai

Ilustrasi HP Mati
Ilustrasi HP Mati/https://www.shutterstock.com/ouh_desire

Jika kamu memeriksa cuaca dalam hp atau terus menerus mencari Google Maps, serta memberikan izin applikasi untuk melacak lokasi kamu. Hal ini akan membuat kamu menggunakan banyak daya baterai.

Tidak masalah jika kamu menggunakan applikasi yang memerlukan GPS saat kamu membutuhkannya, namun pastikan kamu tidak menggunakan secara berlebihan dan menutupnya saat tidak membutuhkan.

6. Applikasi data Data Otomatis di Sinkronkan

Pengurasan baterai yang mungkin kamu tidak tahu adalah megaktifkan sinkronasi ototmati di berbagai applikasi. Secara otomatis akan mencadangkan foto kamu atau menyinkronkan applikasi kamu mungkin akan terdengar lebih simple. Namun jika baterai hp kamu ters-menerus habis di tengah hari, mungkin kamu dapat mempertimbangkan untuk menyinkronkan ponsel kamu.

7. Penggunaan Applikasi Intensif Sumber Daya

Ilustrasi HP Mati
Ilustrasi HP Mati/https://www.shutterstock.com/gaudi Lab

Terkadang, hal ini akan mengubah semua pengaturan yang tepat dan tidak menyelesaikan masalah baterai. Jika kamu menggunakan applikasi yang menggunakan banyak data dan masa pakai baterai, maka kamu akan menghabiskan masa pakai baterai  hp dan jauh lebih cepat daripada kamu menggunakan applikasi yang kurang intensif.

Itulah beberapa penyebab hp tiba-tiba mati yang mungkin belum kamu tahu. Perlu kamu ingat penggunaan hp juga harus dilakukan secara hati-hati dan menjaganya agar terawat dengan baik.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela