Sukses

Lifestyle

5 Alasan yang Membuat Kita Suka Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Membandingka diri dengan orang lain adalah hal manusiawi, karena ini bisa terjadi pada semua orang. Kalau masih masih normal sebenarnya tidak masalah, tapi kalau sudah berlebihan bisa menciptakan rasa iri, benci bahkan insecure dalam diri kita.

Berikut ini beberapa alasan yang membuat kita suka membandingkan diri dengan orang lain dan sebaiknya dihindari.

1. Menuntut kesempurnaan

Manusia selalu mengharapkan sesuatu yang sempurna, tanpa ada cela dan kesalahan. Dan itu membuat kita selalu mengejar kesempurnaan, termasuk dalam menilai diri kita sendiri. Kita kemudian mematokkan kesempurnaan pada orang lain yang kita anggap lebih baik, sehingga yang terjadi kita akan selalu membandingkan diri sendiri. Padahal, tidak ada yang sempurna di dunia ini.

2. Menilai orang lain dari media sosialnya

Kehidupan di dunia maya itu hanya sedikit gambaran dari kehidupan nyata seseorang. Tetapi, kita cenderung melihat orang lain dari postingannya, saat orang lain memposting foto jalan-jalan, makan-makan atau liburan, kita kemudian beranggapan kalau hidup mereka pasti bahagia dan membandingkan hidup kita dengan mereka. Padahal, kita tidak pernah tahu masalah yang mereka hadapi.

3. Fokus pada kekurangan

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, sayangnya tidak semua orang bisa menerima semua kekurangannya. Ini adalah tanda bahwa kita belum bisa menerima diri kita sepenuhnya. Terlalu fokus pada kekurangan akan membuat kita merasa lemah dan tidak percaya diri, padahal kita punya kelebihan lain yang bisa dikembangkan.

4. Menganggap kehidupan orang lebih baik

Seperti kata pepatah, rumput tetangga akan selalu lebih hijau. Artinya akan selalu ada orang yang lebih baik dan lebih hebat dari kita. Kita tidak perlu bersaing dengan mereka. Kita hanya perlu memaksimalkan potensi yang kita miliki sehingga kita bisa menjadi orang yang lebih baik.

5. Kurang bersyukur

Kurang bersyukur juga bisa menjadi salah satu penyakit hati yang membuat kita tidak pernah bahagia dengan hidup kita bahkan diri kita sendiri. Padahal, kalau kita bisa bersyukur, hidup kita tak hanya akan bahagia, tetapi jadi lebih tenang.

Nah, itulah sekian alasan yang membuat kita jadi suka membandingkan diri dengan orang lain yang sebaiknya mulai dihilangkan dalam hidup kita.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading