Sukses

Lifestyle

7 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Pergantian Tahun

Fimela.com, Jakarta Bulan Desember 2021 akan segara berakhir, ini tandanya tahun baru sudah ada di depan mata. Sebelum memikirkan resolusi 2022, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum memulai pergantian tahun, agar tahun ini bisa kamu tutup dengan berkesan dan bahagia.

1. Memeriksa barang-barang milikmu

Kebiasaan membeli barang-barang setiap tahunnya mungkin membuatmu lupa apa saja barang yang kamu miliki. Sebelum pergantian tahun mulailah untuk menyeleksi mana barang yang masih kamu pakai dan tidak, mana barang yang rusak dan masih bisa dipakai. Jika masih bagus dan tidak kamu pakai kamu bisa menyumbangkannya pada orang lain.

2. Membayar hutang dan janji

Jika kamu masih memiliki hutang pada orang lain baik itu berbentuk uang, barang atau janji. Maka gunakanlah waktu ini untuk membayar semuanya. Sehingga, kamu tak lagi memiliki beban di tahun berikutnya.

3. Membersihkan rumah

Mungkin kamu terbiasa membersihkan rumah setiap hari, tetapi coba lakukan secara menyeluruh. Terkadang beberapa barang seperti taplak meja, hordeng, karpet dan sebagainya tidak dicuci setiap hari, jadi kamu bisa fokus untuk membersihkannya.

4. Pikirkan hal yang belum kamu capai di tahun ini

Walaupun pergantian tahun hanya tinggal menghitung hari, tetapi tak ada salahnya untuk memikirkan kembali hal-hal yang ingin kamu capai di tahun ini. Karena tak ada yang tidak mungkin. Mulailah dari hal-hal sederhana, seperti membaca buku yang belum kamu selesaikan, pergi ke suatu tempat bersama keluarga atau teman, atau mengungkapkan perasaanmu pada seseorang. Lakukanlah selama masih ada waktu.

5. Memaafkan orang lain

Momen pergantian tahun juga menjadi waktu yang tepat untuk membuka lembaran baru. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan maaafkan kesalahan orang lain yang telah menyakitimu. Begitu juga sebaliknya, jika kamu memiliki kesalahan maka segera minta maaf pada orang yang bersangkutan. Kamu juga pasti tidak mau kan, hanya tahun yang bergantu tapi kamu sendiri masih dengan perasaan yang sama?

6. Mengungkapkan hal yang ingin kamu katakan

Ungkapkan apa saja hal yang ingin kamu katakan pada orang di sekitarmu, entah gebetan, mantan, sahabat atau keluarga. Mungkin kamu ingin mengakui kesalahan, menyatakan perasaan cinta, atau mengungkapkan kekesalanmu, lakukanlah selagi masih ada waktu. Dan momen tahun baru ini adalah waktu yang tepat.

7. Berdoa

Ini adalah hal yang paling penting dan pergantian tahun adalah momen yang luar biasa. Jadi, agar momen ini bisa kamu tutup dengan berkesan. Berdoalah kepada tuhan agar di tahun berikutnya kamu bisa menjadi orang yang lebih baik lagi dan dapat menutup tahun ini dengan perasaan yang bahagia.

Nah, itulah sekian hal yang bisa kamu lakukan sebelum memasuki tahun baru, mana nih yang balum kamu lakukan, Sahabat Fimela?

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading