5 Tips Tidur Lebih Awal

Annissa Wulan20 Jan 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 20:00 WIB
5 Tips Tidur Lebih Awal

Fimela.com, Jakarta Waktu dan kualitas tidur yang baik mungkin adalah anugerah bagi sebagian orang, di tengah pekerjaan yang menumpuk dan stres yang tak kunjung teratasi. Sayangnya, banyak orang mengalami gangguan atau kesulitan untuk mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang baik ini.

Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa tips untuk bisa tidur lebih awal. Penasaran?

1. Tidur di waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan

Sangat menggoda untuk begadang di Jumat malam atau Sabtu malam, bukan? Tapi, menetapkan rutinitas tidur yang teratur dengan waktu tidur yang telah ditentukan, termasuk pada hari Jumat dan Sabtu malam, sangat penting.

Menjaga waktu tidur sangat penting untuk membantu menjaga ritme sirkadian atau jam internal tubuh tetap di jalurnya. Menyimpang dari rutinitas ini untuk alasan apapun bisa mengganggu ritme sirkadian, termasuk kemampuan untuk tertidur.

2. Pilih aksesori tidur yang tepat

Evaluasi lagi kasur, bantal, tempat tidur, dan posisi tidur untuk memastikan kamu tidur tanpa sakit atau nyeri di tubuh. Jika kamu memiliki pengaturan tempat tidur yang benar-benar disukai, kemungkinan besar kamu akan bisa tidur lebih awal.

 

3. Memastikan suhu ruangan

5 Tips Tidur Lebih Awal
Simak di sini beberapa cara agar kamu bisa tidur lebih awal.

Jangan tidur di suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu ruangan yang tinggi sebenarnya bisa membuatmu lebih sulit tidur, karena juga meningkatkan suhu inti tubuh.

4. Jauhkan ponsel lebih awal

Matikan perangkat elektronik 60 menit sebelum tidur untuk menghindari paparan cahaya birunya. Menggunakan perangkat-perangkat ini mendekati waktu tidur bisa menghambat pelepasan melatonin dan menunda waktu tidur. Pelepasan melatonin adalah bagaimana tubuh tahu itu waktu tidur.

5. Awasi asupan alkohol

Jangan mengonsumsi kopi atau alkohol mendekati waktu tidur. Alkohol adalah depresan yang bisa berdampak signifikan pada tidur.

Karena efek penenangnya, alkohol bisa membuatmu merasa mengantuk dan benar-benar tertidur, tapi alkohol juga mengubah tahapan tidur dan menunda siklus tidur, mendorongnya ke malam hari. Seringkali, ini membuatmu terbangun di tengah malam dan tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela