Penelitian Membuktikan, Ini 3 Alasan Utama Orang Merasa Insecure

Febi Anindya Kirana04 Jan 2022, 15:15 WIB
Diperbarui 04 Jan 2022, 17:01 WIB
perempuan menutup wajah galau

Fimela.com, Jakarta Setiap orang normal pasti pernah merasa insecure atau merasa dirinya tidak lebih baik, minder, cemas, ragu dan khawatir. Perasaan ini sebenarnya sangat wajar karena sesungguhnya setiap manusia ingin menjalani hidup dengan kondisi yang lebih baik. Tapi insecure juga bisa toxic atau memberi pengaruh negatif terhadap diri sendiri jika dibiarkan berkembang.

Ternyata, dilansir dari Psychology Today, paling tidak ada tiga alasan utama yang menyebabkan seseorang merasa insecure.

1. Kegagalan atau penolakan yang baru saja terjadi

lelah stres bekerja
ilustrasi pusing bosan insecure/MemoriesStocker/Shutterstock

Sebuah penelitian tentang kebahagiaan menunjukkan bahwa perasaan bahagia dalam diri kita 40% ditentukan oleh peristiwa kehidupan yang baru-baru ini terjadi. Ketika seseorang baru saja mengalami kegagalan atau penolakan, pukulan terhadap kepercayaan diri ini tentu akan memunculkan perasaan perasaan negatif, dari situlah insecure berasal. Bahkan ketika semua orang tahu bahwa kegagalan bisa dialami siapa saja, namun tidak ada orang yang suka gagal atau ditolak. Sebaliknya, kesuksesan mampu meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri.

2. Minder karena kecemasan sosial

perempuan sedih
ilustrasi perempuan merenung/metamorworks/Shutterstock

Tidak dianggap, tidak disapa, diabaikan, diintimidasi dan dikucilkan merupakan bentuk dari pengalaman sosial yang mampu menciptakan kecemasan dan rasa tidak percaya diri bahkan sebagai orang dewasa. Banyak orang merasa insecure karena ingin dirinya bisa diterima di lingkungan sekitarnya. Jenis insecure ini umumnya didasarkan pada keyakinan yang menyimpang tentang harga diri seseorang. Ketika tidak ada penerimaan dari orang-orang sekitar, secara alami perasaan bukan hanya akan terluka tapi juga mempertanyakan nilai dari diri sendiri.

3. Dorongan perfeksionisme

perempuan tabah sabar mandiri dewasa santai
ilustrasi merenung sedih/atiger/Shutterstock

Beberapa dari kita memiliki standar yang sangat tinggi untuk semua yang kita lakukan. Kamu mungkin menginginkan nilai tertinggi, pekerjaan terbaik, pasangan sempurna, apartemen atau rumah yang mewah, anak-anak yang baik dan sopan, atau gaji yang besar. Sayangnya, hidup tidak selalu berjalan seperti yang kita inginkan, sebagai akibatnya, jika terus-menerus kecewa dan menyalahkan diri sendiri karena tidak sempurna, seseorang akan merasa dirinya tak berharga dan insecure.

Jadi, jika tidak ingin merasa insecure, pastikan mengenali penyebabnya dan belajarlah mengatasi sumber ketidakmanan tersebut. Belajarlah menumbuhkan kepercayaan diri apa pun yang terjadi.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela