4 Jenis Insecurities dalam Hubungan dan Efeknya Pada Diri Sendiri

Novi Nadya21 Jan 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 12:00 WIB
pasangan cinta

Fimela.com, Jakarta Insecurity muncul di berbagai bidang kehidupan kita, terlepas dari seberapa sukses atau bahagia penampilan kita. Ada berbagai jenis rasa tidak aman dalam suatu hubungan yang dapat melemahkan ikatan dan terus-menerus memangsa pikiran kita.

Manjari Saboo, M.A Psikolog keluarga dan konseling anak membuat daftar rasa tidak aman yang mungkin mengganggu hubungan dan bagaimana pengaruhnya pada diri sendiri;

1. Emotional Insecurity

Emotional insecurity adalah istilah umum yang sering berarti perasaan umum tentang kegelisahan dan ketidakmampuan atas perasaan seseorang. Gejalanya bisa termasuk Depresi, penghindaran kontak antarpribadi dan ketakutan mengungkapkan perasaan kita atau menegaskan diri dalam situasi tertentu.

Kondisi seperti depresi pascamelahirkan atau pascapersalinan dapat dikaitkan dengan daftar ketidakamanan emosional. Dengan kelelahan, lekas marah, dan insomnia menjadi beberapa gejala umum.

 

2. Attachment insecurity

Ini jelas membuat daftar rasa tidak aman sejauh mempengaruhi hubungan kita. Ketidakamanan keterikatan, seperti namanya, berarti kita memiliki masalah dalam membentuk keterikatan yang aman dan membuat hubungan emosional dengan orang lain.

Mungkin saja kita menghindari terlalu dekat dengan orang atau meninggalkan mereka sebelum mereka meninggalkan kita. Seperti kebanyakan bentuk rasa tidak aman, masalah keterikatan berakar pada masa kanak-kanak.

Jika sebagai anak, cinta dan kasih sayang yang diterima tidak dapat diprediksi atau retak atau bergantung pada pencapaian tertentu. Kita mungkin tumbuh dengan tidak mempercayai keterikatan atau menganggap hubungan manusia yang sebenarnya tidak ada.

 

3. Physical insecurity

Sangat mudah untuk merasa tidak aman tentang penampilan saat kita dibombardir dengan gambaran tentang tubuh yang 'sempurna'. Internet juga ikut andil dalam menentukan standar kecantikan yang disukai orang-orang. 

Body shaming dan sejenisnya adalah pengingat konstan bahwa pada kenyataannya, kurang dari sempurna. Ini jelas bermanifestasi dalam tanda-tanda ketidakamanan pada seorang perempuan dan pria juga tak sepenuhnya kebal.

 

4. Financial Insecurity

Ketidakamanan finansial adalah kenyataan tak terhindarkan yang dapat merusak hubungan percintaan lebih cepat. Entah karena salah seorangnya berasal dari latar belakang keuangan.

Atau salah satu pasangan tidak tahan jika yang lain menghasilkan lebih banyak. Ketidaknyamanan finansial bisa jadi kita selalu mengkhawatirkan uang, terlepas dari penghasilan, dan hal itu membuat sangat terobsesi kesenangan kecil yang membuat kita sengsara.

#WomenForWomen 

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela