5 Tipe Perempuan yang Nggak Gampang Insecure dengan Omongan Orang

Endah Wijayanti06 Jan 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 06 Jan 2022, 11:30 WIB
perempuan dan kontrol emosi

Fimela.com, Jakarta Omongan orang, dalam hal ini, yang bernada negatif dan penuh cibiran bisa sangat mengganggu. Saat ada orang yang terus memojokkan, menghakimi, menyalahkan, dan menyudutkan kita, kita rentan merasa insecure. Mendengarkan omongan orang yang negatif bisa membuat kita merasa rendah diri dan kehilangan rasa percaya diri.

Saran dan kritik yang membangun dari orang lain bisa tetap kita terima sebagai masukan untuk jalani hidup yang lebih baik. Namun, omongan orang yang negatif dan judgmental tak perlu selalu kita pedulikan. Tak perlu merasa insecure dengan omongan orang. Biasanya perempuan yang masuk dalam golongan ini tidak gampang merasa insecure dengan omongan orang, apakah kamu termasuk di dalamnya? 

1. Perempuan yang Fokus dengan Tujuan Hidup

Kamu termasuk yang memilih untuk fokus mencapai tujuan hidupmu. Tidak terlalu memedulikan omongan orang yang merendahkan atau meremehkanmu. Sebab kamu yang paling mengenal dirimu, dan tahu bahwa ada prioritas hidup yang lebih membutuhkan perhatianmu. Sehingga kamu tidak gampang tersinggung dengan cibiran orang lain sebab orang lain tidak cukup mengenalmu dengan baik.

2. Perempuan yang Terbiasa Mandiri

perempuan sulung tulang punggung
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/anontae2522

Dalam keseharian kamu terbiasa melakukan banyak hal secara mandiri. Bukan berarti kamu sok kuat atau sok paling bisa melakukan segalanya. Namun, kamu meyakini bahwa menjadi mandiri akan memudahkanmu melalui banyak tantangan dan kesulitan dalam hidup. Menyadari bahwa ada banyak hal yang perlu diperjuangkan secara mandiri, kamu nggak gampang merasa rendah diri bila ada omongan orang yang terlalu menghakimimu.

3. Perempuan yang Berpikiran Terbuka

perempuan sulung
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/leszekglasner

Kita tak pernah bisa selalu mengendalikan respons orang. Kita tak pernah tahu cara berpikir orang lain. Masing-masing orang punya cara sendiri dalam memandang sesuatu. Kita pun tak pernah bisa mengendalikan cara orang memandang dan menilai kita. Maka, kita pun tak perlu merasa terbebani jika ada yang memandang kita dengan cara berbeda sebab isi pikirannya berbeda dengan isi pikiran kita.

4. Perempuan yang Bisa Ciptakan Kebahagiaan Sendiri

perempuan sulung dan ekspektasi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/PRImageFactory

Maksudnya kamu meyakini bahwa kebahagiaanmu adalah tanggung jawabmu. Sehingga kalau ada orang yang membuatmu kesal dengan omongannya atau cibirannya, kamu tidak membuang banyak waktu meladeninya. Sebab kamu punya kesibukan sendiri untuk hadirkan kebahagiaanmu sendiri. Jadi, omongan negatif orang lain tak perlu terlalu ditanggapi dengan serius.

5. Perempuan dengan Kontrol Diri yang Baik

perempuan sulung
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/atiger

Kamu menerima semua emosi dan perasaan yang kamu punya. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mengontrol diri dalam menghadapi hal-hal yang tidak nyaman seperti menanggapi omongan negatif orang lain. Daripada buang-buang energi menanggapi omongan orang yang cuma menjatuhkanmu, kamu fokus untuk menenangkan diri dan menguatkan diri untuk kembali melangkah memperjuangkan sesuatu yang penting dalam hidupmu.

Wajar jika kita sedih dan terluka bila ada orang yang memandang kita dengan cara yang sempit. Namun, kita pun bisa memilih untuk fokus jalani hidup kita dengan lebih baik sesuai dengan nilai dan prinsip hidup yang kita yakini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela