Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengganti Rasa Insecure dengan Hati yang Tenang

Fimela.com, Jakarta Saat ini, hal atau situasi apa yang membuatmu merasa insecure? Keadaan seperti apa yang masih membuatmu gelisah dan tidak tenang? Masing-masing dari kita punya perjalanan dan perjuangan hidup masing-masing. Dalam setiap fase kehidupan yang kita lewati, kerap kali kita akan diterpa rasa insecure.

Meski kita masih akan merasakan rasa gelisah dan tidak tenang, tapi ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meredakan rasa insecureAda beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengganti rasa yang insecure dengan hati yang lebih tenang dan penuh syukur. Seperti lima cara berikut ini.

1. Bereskan Sesuatu

Merasa makin gelisah jika tak melakukan apa-apa? Bisa coba untuk lakukan kegiatan merapikan atau membereskan sesuatu. Aktivitas bersih-bersih atau beres-beres bisa bantu redakan stres. Melansir laman drjen.com, menurut sebuah penelitian baru dari Cleaning Rush Study oleh Mr. Clean, aktivitas bersih-bersih bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan produksi adrenalin. Ketika selesai membereskan sesuatu, biasanya ada perasaan lega yang hadir dan ini akan membuat kita bisa merasa lebih tenang.

2. Lakukan Sesuatu yang Paling Disukai

Pilih satu kegiatan, aktivitas, atau hobi yang bisa membuatmu nyaman. Apa pun kegiatan yang kamu pilih, nikmati saja sepenuhnya. Kalau memang sedang butuh liburan, coba ambil waktu untuk benar-benar rehat. Kadang rasa insecure hadir sebagai pengingat bahwa kamu sedang butuh waktu untuk lebih menyayangi diri sendiri.

3. Berkomunikasi dengan Seseorang

Berkomunikasi atau terhubung dengan sahabat, pasangan, saudara, atau seseorang yang bisa kamu percaya mungkin adalah hal yang paling kamu butuhkan saat ini. Terhubung dengan seseorang bisa membantumu untuk mencurahkan isi hatimu. Mengeluarkan uneg-uneg pada seseorang yang bisa menjadi pendengar yang baik dapat meringankan hati dan perasaanmu. Perasaan pun bisa lebih ringan dan lega, bahkan bisa meredakan rasa insecure yang sedang dirasakan.

4. Menyendiri Sejenak

Ciptakan suasana untuk menyendiri sejenak. Dapatkan ruang yang tenang untuk diri sendiri. Bisa dilakukan pada malam hari, dini hari, atau pagi hari. Luangkan waktu selama beberapa saat untuk menikmati kesunyian. Izinkan dirimu untuk mendengar detak jantungmu. Atur kembali napasmu. Kadang kita merasa insecure karena terlalu banyak memikirkan berbagai hal. Sehingga perlu waktu untuk menyepi sebentar agar dapat menemukan kembali ketenangan diri.

5. Berolahraga

Saat sedang insecure, cobalah untuk mulai menggerakkan tubuh kembali. Saat hati gelisah dan tak tahu harus melakukan apa, kadang kita butuh semacam "pelampiasan". Pelampiasannya bisa dengan menggerakkan tubuh lebih aktif untuk mengendorkan otot-otot yang kaku. Coba pilih jenis olahraga yang menurutmu paling gampang untuk dilakukan agar bisa membuatmu merasa lebih nyaman. Sekadar stretching ringan pun mungkin bisa bantu menguraikan kepenatan yang sedang kamu rasakan.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan bisa membantumu mendapatkan hati yang lebih tenang, ya. Apa pun masalah yang sedang kamu hadapi saat ini, semoga bisa segera menemukan jalan keluar terbaiknya. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading