Sukses

Beauty

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kering yang Mudah

Fimela.com, Jakarta Rambut kering dan kasar adalah kondisi rambut yang menyebabkan rasa kepercayaan diri seseorang menurun. Biasanya rambut kering akan sangat susah untuk diatur, terlihat kusam dan akan mudah patah saat disisir. Rambut kering akan memiliki tekstur rambut yang kasar.

Secara umum, rambut kering disebabkan karena terlalu sering menggunakan bahan kimia pada produk rambut, seperti pelurus rambut, pengeriting dan cat pewarna. Penggunaan alat pengering rambut juga mempengaruhi kondisi kesehatan rambut. Untuk itu, berhati-hatilah saat melakukan teknik perawatan rambut.

Karena rambut adalah mahkota untuk perempuan, maka kesehatan harus selalu dijaga dengan perawatan rambut secara rutin. Sahabat Fimela juga harus menghindari penyebab rambut kering agar tidak kasar dan mudah diatur. Berikut penyebab dan cara mengatasi rambut kering:

Penyebab Rambut Kering

1. Sering Terkena Polusi dan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari bisa menyebabkan tekstur rambut menjadi kering dan kasar. Apalagi jika rambut sering terkena polusi udara seperti debu, kotoran dan asap kendaraan. Paparan polusi dan sinar matahari ini bisa merusak lapisan rambut.

2. Sering Keramas

Keramas adalah salah satu cara yang dilakukan untuk membersihkan rambut. Tapi sering keramas justru menyebabkan rambut kering dan kasar. Karena minyak alami yang ada di rambut akan hilang karena sampo, dan ada beberapa kandungan dalam sampo yang tidak cocok dengan jenis rambut tertentu.

3. Penggunaan Bahan Kimia untuk Rambut

Kalau kamu sering menggunakan bahan kimia untuk rambut, seperti cat rambut, krim pelurus atau pengeriting rambut, maka produk rambut rambut tersebut bisa membuat rambutmu menjadi kering dan kasar. Sebaiknya hindari terlalu sering menggunakan produk yang mengandung bahan kimia.

Penyebab Rambut Kering

4. Menggunakan Alat Pengering Rambut

Rambut yang kering dan kasar juga bisa disebabkan karena sering menggunakan alat pengering rambut, seperti hair dryer atau catokan. Agar rambutmu tidak kering, sebaiknya hindari mengeringkan rambut setelah keramas dengan alat pengering rambut yang sangat panas. Kecuali kalau kamu akan pergi ke sebuah acara yang membutuhkan styling rambut. Kamu bisa mengeringkan rambut dengan handuk yang berbahan lembut.

5. Jarang Mengonsumsi Makanan Bergizi

Jarang mengonsumsi makanan bergizi juga bisa menyebabkan kerusakan pada rambut, seperti rambut kering dan kasar. Untuk menjaga kesehatan rambut, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung zinc, niacin, asam lemak, selenium, vitamin D, vitamin A, vitamin E, asam folat dan asam amino. Penuhi kebutuhan gizi harianmu.

6. Sering Berenang

Apakah Sahabat Fimela suka berenang? Ternyata sering berenang bisa menyebabkan rambut kering dan kasar. Karena di kolam renang terdapat kaporit yaitu bahan kimia yang membuat air kolam menjadi jernih. Kaporit ini bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan sangat kasar.

7. Dehidrasi

Penyebab rambut kering yang terakhir, yaitu karena tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat dehidrasi, produksi minyak alami di rambut akan menurun. Sehingga rambut akan menjadi kering, kasar dan susah diatur.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Untuk mengatasi rambut kering dan kasar ini, sebaiknya lakukan perawatan rambut secara rutin dan menghindari kebiasaan yang menyebabkan rambut kering. Gunakan sampo yang mengandung pelembap. Lalu gunakan kondisioner untuk menambah kelembapan pada rambut kering dan kasar.

Kondisioner yang baik untuk rambut kering dan kasar, biasanya terdapat kandungan bahan alami. Sahabat Fimela bisa menggunakan kondisioner yang mengandung lidah buaya, minyak argan, minyak kelapa, minyak macadamia dan lain sebagainya. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan rambut.

Kamu juga bisa menggunakan masker rambut 2 kali dalam seminggu. Kemudian jangan lupa untuk menggunakan penutup kepala saat berada di tempat yang panas. Hal ini dilakukan agar terhindar dari paparan sinar matahari dan polusi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading