Bukan Hanya Dilihat Dari IQ, Berikut 5 Ciri Orang yang Cerdas

Fimela Reporter20 Jan 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 19:00 WIB
5 Ciri Orang yang Cerdas

Fimela.com, Jakarta Jika mendengar kata “cerdas” mungkin anda akan memikirkan tipe tertentu, misalnya orang yang mengetahui segala hal, cerdas dalam matematika, memiliki IQ yang tinggi, dan lain sebagainya. Namun, sebenarnya tidak harus memiliki segala hal yang tadi anda pikirkan untuk dapat dianggap sebagai orang yang sangat cerdas. Faktanya, disadur dari Bustle. Para ahli mengatakan, ada lebih dari itu, dan banyak orang yang sangat cerdas bahkan tidak menyadari betapa cerdasnya mereka sebenarnya.

Dr. Catherine Jackson, Psikolog klinis yang telah berlisensi dan bersertifikat, menyampaikan melalui Bustle bahwa orang yang cerdas merupakan orang memiliki beberapa jenis kecerdasan yang berbeda, termasuk tetapi tidak terbatas pada kecerdasan intelektual, sosial, dan emosional. 

Menurut Jackson, orang yang sangat cerdas tidak sering menganggap diri mereka sendiri cerdas. Untuk itu, berikut rangkuman dari ciri-ciri orang cerdas menurut para ahli, yang dikutip dari Bustle

1. Memiliki Empati dan Sifat Penyayang

Ilustrasi orang percaya diri, cerdas, sukses, tersenyum
Ilustrasi orang percaya diri, cerdas, sukses, dan penyayang. (Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash)

Menurut Christine Scott-Hudson, psikoterapis berlisensi dan pemilik Create Your Life Studio, terdapat korelasi antara kecerdasan emosional tinggi dan IQ tinggi dalam penilaian psikologis. Semakin tinggi skor seseorang dalam sifat empati, semakin tinggi pula skor orang tersebut dalam sifat pemahaman verbal yang efektif.

Dengan kata lain, empati, yang merupakan bagian dari kecerdasan emosional, dan pemahaman, yang merupakan bagian dari kecerdasan kognitif, berhubungan langsung. Jadi, jika Anda memimpin dengan hati, kata Scott-Hudson, ada kemungkinan besar Anda juga memimpin dengan pikiran.

2. Memiliki Rasa Ingin Tahu Mengenai Dunia

Sangat mudah untuk berasumsi bahwa orang yang sangat cerdas suka membaca. Tetapi menjadi cerdas bukan tentang memiliki kemampuan untuk membaca sejumlah buku sehari. Ini tentang memiliki rasa ingin tahu tentang apa saja dan segalanya

Orang-orang cerdas melibatkan hasrat mereka dan mengajukan pertanyaan seperti siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana, mengapa, dan bagaimana jika. Mereka suka belajar tentang orang lain, budaya, hewan, sejarah, dan dunia pada umumnya. 

3. Seorang Pengamat yang Jeli

Orang tercerdas itu tidak selalu yang paling berisik. Jackson berpendapat bahwa orang  cerdas bukan merupakan seseorang yang berbicara untuk membuktikan siapa mereka. 

Alih-alih membual tentang pencapaian mereka atau memberi tahu orang-orang betapa benar pendapat mereka, mereka biasanya pendiam dan dan hanya menjadi seorang pengamat yang jeli. Ketika Anda memiliki kemampuan untuk mengambil semuanya, Anda dapat melihat hal-hal yang terlewatkan oleh orang lain.

4. Dapat Mengendalikan Diri

4 Tokoh Wanita Cerdas dan Paling Berpengaruh di Zaman Rasulullah
Ilustrasi orang cerdas. (unsplash/emmanuel ikwuegbu).

Memiliki pengendalian diri menandakan bahwa seseorang sudah dewasa. Orang yang cerdas tahu bagaimana mengendalikan emosi, sehingga tidak menimbulkan bahaya. 

Menurut Jackson, memiliki kontrol diri adalah tanda kecerdasan karena itu berarti Anda lebih cenderung berpikir sebelum berbicara atau bertindak. Jackson berpendapat Ketika orang cerdass mengalami ketidaknyamanan dalam hidup mereka, mereka juga bekerja untuk memecahkan masalah dan mengurangi ketidaknyamanan tersebut dengan cepat

5. Orang yang Dapat Mengikuti Arus

Orang cerdas tidak membuang waktu untuk mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat mereka kendalikan. Jika Anda tahu bagaimana menjadi fleksibel dan mengikuti arus, ada kemungkinan Anda sangat cerdas. 

Menurut Jackson, daripada menjadi kaku tentang apa yang harus terjadi, orang yang cerdas akan tetap fleksibel secara mental, berpikiran terbuka dan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan kehidupan, tidak peduli apa yang terjadi. Pada dasarnya menunjukkan bahwa Anda dapat memecahkan masalah dan menemukan solusi dengan cepat menandakan bahwa anda orang yang Cerdas

* Reporter:  Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

# Women For Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela