5 Cara Menghadapi Orang yang Membuatmu Insecure

Baiq Nurul Nahdiat13 Jan 2022, 16:05 WIB
Diperbarui 13 Jan 2022, 16:05 WIB
Cara Menghadapi Orang yang Membuatmu Insecure

Fimela.com, Jakarta Terkadang rasa insecure tak hanya bisa datang dari dalam diri kita tapi juga dari orang di sekitar kita. Perilaku bullying atau menjatuhkan juga bisa membuat orang merasa insecure. Bahkan bercanda soal fisik yang dianggap sebagai hal wajar juga bisa banget lho, membuat orang jadi inscure dengan dirinya sendiri. Jadi, harus lebih berhati-hati lagi agar bercandanya tidak kelewatan dan menyinggung perasaan orang.

Buat kamu yang sering dibuat insecure oleh teman, keluarga atau orang di sekitarmu, kamu bisa menghadapi mereka dengan cara berikut ini.

1. Jangan takut

Pasti rasanya tidak enak punya teman yang suka menjatuhkanmu dengan menghina fisik atau kekuranganmu. Tapi kalau kamu takut, itu bisa membuatnya menjadi-jadi. Jadi kamu jangan pernah merasa takut padanya, tetaplah percaya diri dan jangan hiraukan dia.

2. Jangan diam

Kalau kamu sudah diam, tapi dia tetap melakukanmu dengan buruk dengan ucapan atau tindakannya. Jangan hanya diam saja, kamu harus bisa membela diri. Setidaknya jawablah dengan sindiran halus atau balikkan ucapannya. Biasanya orang yang omongannya besar akan ciut jika digertak sedikit saja.

3. Beri tahu secara langsung

Cara Menghadapi Orang yang Membuatmu Insecure
Cara Menghadapi Orang yang Membuatmu Insecure. (Photo by Mimi Thian on Unsplash)

Jika dengan beberapa cara di atas, dia masih saja suka menjatuhkanmu. Kamu harus mengambil sikap yang tegas. Terkadang orang yang punya kebiasaan buruk harus disadarkan secara langsung. Beri tahu kalau sikapnya selama ini membuatmu tak nyaman dan sakit hati dan minta padanya untuk menghentikannya.

4. Dekati secara baik-baik

Terkadang orang yang bersikap buruk atau membenci kita dengan alasan yang tidak jelas biasanya hanya ingin mencari perhatian atau mungkin dia hanya merasa iri denganmu. Jadi, jika kamu punya teman yang seperti itu, cobalah untuk mendekatinya dengan baik-baik, misalnya dengan menawarkan bantuan. Pasti setelah itu, pandangannya terhadapmu akan berbeda.

5. Ambil positifnya

Cara Menghadapi Orang yang Membuatmu Insecure
Cara Menghadapi Orang yang Membuatmu Insecure. (ilustrasi/KaptureHouse/Shutterstock)

Ada yang pernah berkata, kalau haters itu sebenarnya orang yang mencintai kita dengan cara yang berbeda. Intinya, kamu tak perlu ambil pusing apa yang dikatakannya. Bahkan jika mereka mengatakan hal yang buruk tentangmu, jadikanlah itu sebagai motivasi untuk lebih baik lagi. Jarang-jarang kan, ada orang yang perhatian denganmu tanpa diminta?

Kita memang tidak bisa mengatur perasaan orang lain terhadap kita dan kita juga tak akan pernah mampu membuat semua orang menyukai kita. Jadi, sangat wajar sekali kalau ada orang yang membenci tanpa alasan yang jelas. Tapi kalau sampai dia membuatmu merasa insecure, kamu bisa mengatasi dengan cara di atas!

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela