5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri

Baiq Nurul Nahdiat15 Jan 2022, 08:05 WIB
Diperbarui 15 Jan 2022, 08:05 WIB
Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Kita selalu ingin dihargai orang lain, sayangnya kita sendiri suka lupa untuk menghargai diri kita sendiri. Terdengar sepele memang, namun menghargai diri sendiri juga perlu kita usahakan karena bisa berdampak pada pola pikir bagaimana kita memandang dan memperlakukan diri sendiri.

Lalu bagaimana kita tahu kalau kita sudah menghargai diri sendiri? Berikut ini beberapa tanda kamu kurang menghargai diri sendiri.

1. Menganggap remeh diri sendiri

Padahal kamu memiliki bakat dan kualitas yang bisa kamu gunakan untuk berkembang. Sayangnya, kamu selalu merasa dirimu kurang, sehingga lebih suka memberi komentar jelek pada diri sendiri. Kamu mungkin terlalu fokus pada kekurangan sehingga tak sempat melihat hal baik yang lebih besar dalam dirimu.

2. Selalu menganggap dirimu gagal

Kegagalan adalah hal yang wajar, sebagian besar orang mengalami kegagalan sebelum meraih kesuksesan. Jadi, kalau kamu belum mencoba sesuatu tapi sudah melabeli dirimu sebagai orang yang gagal, justru itu hanya akan membuatmu semakin terpuruk dan tak mau mengusahakan perubahan.

3. Merasa insecure dengan penampilan

Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri
Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri. (Ilustrasi/Shutterstock.com/Mix and Match Studio)

Kamu sering merasa buruk dengan penampilanmu, sehingga kamu tak percaya diri dengan bentuk tubuh atau apapun yang kamu kenakan. Padahal, kenyataannya tidak demikian. Semua orang itu unik dengan ciri khasnya masing-masing. Jadi, kamu perlu memperbaiki pola pikirmu agar lebih bisa menghargai diri sendiri.

4. Selalu menyenangkan orang lain

Tentu kamu boleh saja berusaha menyenangkan orang lain, tapi jangan berlebihan apalagi hingga kamu mengorbankan diri sendiri. Kalau kamu selalu menyenangkan orang lain, ini sama saja kamu menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain sementara kamu tak pernah punya kesempatan untuk memutuskan apa yang membuatmu bahagia.

5. Merasa bersalah karena mengikuti kata hati

Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri
Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri. (ilustrasi/copyright by KONGPHOTOGRAPHER from Shutterstock)

Kamu terlalu mendengarkan kata orang lain dan membiarkan mereka mengatur hidupmu. Sehingga kamu tak bisa menjadi diri sendiri bahkan merasa bersalah saat mengikuti kata hati. adahal, kamu juga berhak memutuskan dan memilih apa yang baik untuk hidupmu.

Jadi mulai sekarang hargailah diri sendiri dengan menghilangkan kebiasaan di atas karena kamu berhak bahagia dan hidup dengan caramu sendiri.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela