Sukses

Lifestyle

5 Cara Atasi Rasa Insecure saat Mengalami Kegagalan Berulang Kali

Fimela.com, Jakarta Mengalami kegagalan berulang kali bisa membuat kita rasanya ingin menyerah saja. Menghadapi berbagai penolakan juga bisa membuat kita kehilangan harga. Hidup kita pun rasanya hanya diisi dengan rasa insecure dan makin rendah diri dari waktu ke waktu.

Merasa insecure karena kegagalan berulang kali memang hal yang sangat wajar terjadi. Jatuh berulang kali membuat kita selalu membutuhkan waktu untuk sembuh dan pulih. Bahkan butuh proses untuk kembali menguatkan diri dan berjalan kembali. Bagi yang saat ini merasa insecure bahkan seakan sudah kehilangan harapan karena mengalami kegagalan berulang kali, coba beberapa cara ini untuk kembali menenangkan diri.

1. Berhenti Menyalahkan Diri

“If you are insecure, guess what? The rest of the world is, too. Do not overestimate the competition and underestimate yourself. You are better than you think.” – Timothy Ferriss

Satu hal penting yang bisa digarisbawahi adalah tidak perlu menganggap kegagalan sebagai suatu kesalahan diri. Berani mencoba dan berusaha mengerahkan sumber daya sudah merupakan pencapaian terbaik sendiri. Maka, tak perlu terlalu menyalahkan diri sendiri saat yang terjadi adalah sebuah kegagalan.

2. Lampiaskan Rasa Kesal

“Don’t let insecure thoughts ruin something amazing.”

Lampiaskan rasa kesal dan kesedihanmu. Tentu saja dengan cara yang sehat, ya. Bisa dengan menggerakkan badan seperti berolahraga atau merapikan sesuatu. Bisa juga dengan menulis dan meluapkan semua rasa kesal dalam tulisan. Di sini kamu perlu meringankan hati dan perasaanmu lebih dulu. Kita perlu sedikit ruang untuk melepaskan semua rasa kesal agar memiliki langkah yang lebih ringan untuk dibawa ke depan.

3. Fokus dengan Diri Sendiri

“The steps of insecurity: Comparison, Compensation, Competition, Compulsion, Condemnation, Control.”

Saat kita mengalami kegagalan berulang kali lalu membandingkan diri dengan orang lain, biasanya rasa insecure akan terasa semakin dalam. Untuk itu, coba lebih fokus pada diri sendiri. Lebih fokus pada hal-hal  yang bisa kamu lakukan. Bukan malah sibuk membuat perbandingan diri dengan kehidupan orang lain. 

4. Lakukan Hal yang Paling Bisa Dilakukan

“The real difficulty is to overcome how you think about yourself.” – Maya Angelou

Saatnya untuk memulai kembali. Biasanya cara paling ampuh untuk mengatasi rasa insecure karena penolakan dan kegagalan yang berulang kali adalah mencoba lagi. Ya, mungkin kamu akan gagal lagi tapi setidaknya kamu sudah menjadi pribadi yang lebih berani karena mau kembali mencoba. Daripada hanya diam saja yang malah membuatmu makin tertekan, mending coba lagi dan lakukan sesuatu untuk hidup yang lebih baik.

5. Cari Bantuan jika Perlu

“The older you get, the more you understand how your conscience works. The biggest and only critic lives in your perception of people’s perception of you rather than people’s perception of you.” – Criss Jami

Cari bantuan juga boleh dan amat sangat disarankan jika kamu merasa sudah kewalahan dalam menghadapi rasa insecure atau tertekan. Boleh saja cari teman curhat. Berbagi cerita dan perasaan ke orang terpercaya juga dapat kamu lakukan untuk meringankan perasaanmu. Boleh juga mencari bantuan ke tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater untuk mendapat penanganan yang lebih tepat. 

Semoga kamu tidak kehilangan arah atau harapan, ya. Terima kasih sudah mau berusaha dan mencoba hingga sampai ke titik ini. Setiap kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading