Sukses

Lifestyle

5 Hadist Bagi Orang yang Gemar dan Pintar Membaca Al Quran

Fimela.com, Jakarta Al Quran merupakan pedoman hidup bagi seluruh umat Muslim. Al Quran adalah firman Allah yang di dalamnya terdapat sejumlah aturan, doa dan petunjuk yang bisa diaplikasikan umat Muslim dalam beribadah atau kehidupan sehari-hari. Jadi, sangat dianjurkan sekali untuk membaca dan mengamalkannya, karena membaca Al Quran termasuk salah satu ibadah yang sangat diutamakan.

Ada banyak sekali keutamaan bagi orang yang gemar dan pintar membaca Al Quran, jangankam bagi orang yang lancar atau pintar membaca Al Quran, bagi orang yang masih belajar sekalipun diberikan pahala yang besar baginya. Keutamaan membaca Al Quran ini dijelaskan di dalam beberapa hadist berikut ini.

1. Mendapatkan syafaat

Salah satu keutamaan orang yang gemar membaca Al Quran ialah kelak ia akan mendapatkan syafaat atau pertolongan di hari kiamat. Ini sesuai dengan sebuah hadist yang diriwayatkan Iman Muslim, yang artinya:

“Abu Umamah Al Bahily ra. berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada orang yang membacanya.” (HR. Muslim).

2. Mendapatkan kebaikan

Ada juga keutamaan bagi orang yang membaca Al Quran, bahwasannya ia akan mendaoatkan kebaikan yang dilipatgandakan. Ini sesuai dengan hadist dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.” (HR. Tirmidzi).

3. Diangkat derajatnya di sisi Allah

Keutamaan lain bagi orang yang gemar membaca Al Qur’an bahwa Allah akan mengangkat derajatnya. Hal ini sesuai dengan hadist dari Umar RA berkata bahwa Rasulullah:

“Allah Ta’ala mengangakat derajat berapa kaum melalui kitab ini (Al-Qur’an) dan Dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini pula.” (HR Muslim)

4. Dimuliakan Allah

Baik orang yang lancar membaca Al Quran ataupun terbata-bata, maka mereka akan mendapatkan kemuliaan dan pahala dari Allah SWT. Ini sesuai dengan sebuah hadist dari Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya:

“Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah. Adapun yang membaca Al Quran dengan terbata-bata atau kesulitan dalam bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

5. Diberikan pahala seperti salat sepanjang malam

Keutamaan luar biasa lainnya dari orang yang mencintai Al Quran dan senantiasa membacanya, maka Allah akan memberinya pahala seperti pahala orang yang salat sepanjang malam. Ini tertuang dalam hadist dari Tamim Ad Dary radhiyalahu ‘anhu berkata, yang artinya:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala salat sepanjang malam.” (HR. Ahmad yang disahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’ no. 6468).

Itulah sekian keutamaan dari membaca Al Quran yang perlu diketahui. Semoga ini bisa memotivasi kita agar terus belajar dan memperbanyak membaca Al Quran.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading