15 Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan yang Bikin Panik Saat Melakukan Transaksi

Vania Al kautsar17 Jan 2022, 19:55 WIB
Diperbarui 17 Jan 2022, 20:05 WIB
ATM - Vania

Fimela.com, Jakarta Saat sedang membutuhkan uang tapi tidak memiliki uang cash tentu kita akan menggunakan kartu ATM untuk mengambil uang. Tapi bagaimana jika saat kamu membutuhkan uang dan kartu ATM kamu tidak dapat digunakan? Tentu akan buat kamu panik dan ketakutan.

Hal ini mungkin pernah kamu alami atau sering kamu alami, terkadang kamu akan membiarkannya maupun memeriksa di bank tersebut. Kartu ATM yang tidak bisa digunakan tentu akan membuat kita kesal dan takut kalau uang kita tiba tiba menghilang.

Kartu ATM yang tidak bisa digunakan juga bisa terjadi karena kamu lupa password, mesin ATM yang rusak, dan masalah teknis lainnya. Untuk kamu yang sering penasaran penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan, yuk cek di bawah ini untuk tahu selengkapnya:

 

1. Saldo yang Tidak Cukup

ATM - Vania
Ilustrasi ATM/https://unsplash.com/Timeo Buehrer

Mungkin salah satu penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan karena saldo kamu yang kurang, ketika kamu tidak memiliki mobile banking tentu kamu tidak akan tahu saldo kamu seberapa. Maka saat itu kamu akan mengambil uang di mesin ATM dan mengetahui bahwa saldo kamu tidak cukup yang membuat kamu tidak bisa menggunakan kartu ATM.

2. Kartu Kadaluwarsa

Pernah mengecek masa kadaluwarsa kartu ATM? Mungkin kamu akan terkejut bahwa kartu ATM ternyata memiliki masa aktif maupun masa kadaluwarsanya. Tentu saat kartu ATM sudah kehabisan masa berlakunya tidak akan bisa digunakan kembali, beberapa bank biasanya akan mengirim kartu yang baru.

3. Batas Transaksi Harian Telah Tercapai

ATM - Vania
Ilustrasi ATM/https://unsplash.com/Nathan Dumlao

Beberapa kartu dari bank tertentu biasanya memiliki deskripsi yang berbeda, tergantung dari kartu apa yang kita pilih. Seperti salah satunya memiliki batas transaksi harian, jika kamu melebihi batas transaksi harian tentu aku kartu ATM yang kamu gunakan tidak dapat digunakan. Tentu batasan ini diperlakukan sebagai keamanan, untuk menghindari beberapa orang yang berniat jaahat pada kartu ATM kamu.

4. PIN Salah

Siapa yang kerap sekali saat mengambil kartu ATM tapi menulis PIN nya salah? Biasanya kartu ATM jika kamu menuliskan PIN ya salah selama tiga kali maka akan membuat kamu untuk menuliskan PIN yang baru. Maka dari itu jangan sampai kamu melupakan pin agar tidak menggantinya secara terus menerus.

5. Terlalu Banyak Memasukkan PIN yang Salah

ATM - Vania
Ilustrasi ATM/https://unsplash.com/Eduardo Soares

Seperti penjelasan di atas jika kamu mencoba menuliskan Ping yang salah biasanya akan buat kartu ATM kamu tidak berfungsi secara baik. Jika kamu memasukkan PIN yang salah selama tiga kali lebih biasanya kamu akan diminta untuk membuat PIN yang baru. Ada baiknya jika kamu membenarkannya di bank tersebut, hal ini juga sebagai pertanda bahwasannya ada seseorang yang ingin mencoba membuka kartu ATM kamu.

6. Informasi yang Dimasukkan Salah

Kartu ATM kamu tidak berfungsi secara baik saat melakukan transaksi belanja, kamu perlu memperhatikan nya kembali. Bisa jadi bahwa kamu telah salah menerima informasi mengenai kartu ATM yang kamu gunakan.

7. Kartu Rusak

ATM - Vania
Ilustrasi ATM/https://unsplash.com/Cardmapr

Banyak sekali kartu yang sudah memiliki chip untuk melakukan transaksi. Mungkin salah satu penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan karena kartu ATM kamu sudah rusak, Hal ini biasanya akan terlihat lebih jelas jika kamu memperhatikan strip magnetik maupun chip yang kamu gunakan sudah rusak.

8. Bank Menandai Transaksi Mencurigakan

Bang juga dapat mendeteksi apa yang kamu lakukan dengan kartu ATM kamu. Bisa jadi kartu ATM kamu akan di blokir sementara oleh bank karena melakukan transaksi yang cukup mencurigakan. Tapi kamu tidak perlu panik karena kamu dapat mengecek langsung ke bank untuk memastikan bahwa kamu tidak melakukan transaksi yang mencurigakan.

9. Bank Mengindentifikasi Aktivitas yang Mencurigakan

ATM - Vania
Ilustrasi ATM/https://unsplash.com/Giovanni Gagliardi

Tak hanya menandai transaksi yang mencurigakan, terkadang bank juga dapat mengidentifikasi aktivitas yang mencurigakan dan kamu gunakan untuk menggunakan kartu ATM kamu. Ini mungkin dapat menjadi salah satu penyebab kenapa kartu ATM kamu tidak dapat digunakan. Sebaiknya bagi kamu untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan bank.

10. Masalah Teknis

Tak hanya kartu ATM kamu yang memiliki masalah terkadang beberapa atom yang tidak dapat digunakan terjadi karena adanya masalah teknis. Mungkin mesin ATM tersebut sedang mengalami masalah atau kabel yang terputus, sehingga kamu sulit untuk menggunakan kartu ATM.

11. Kartu Belum di Aktifkan

ATM - Vania
Ilustrasi ATM/https://unsplash.com/Cardmapr

Apakah kamu baru pertama kali menggunakan kartu ATM? Mungkin itulah salah satu penyebab nya jika kamu lupa atau kartu ATM kamu belum diaktifkan. Hal ini tentu akan menjadi penyebab bahwa kamu tidak dapat menggunakan kartu ATM tersebut untuk sementara waktu, hubungi bang untuk mengaktifkan kartu ATM kamu sehingga dapat digunakan kembali.

12. Pemegang Kartu ATM Bersama Menonaktifkan Kartu

Jika kamu memegang kartu dengan orang lain, tentu kamu akan memastikan bahwa orang tersebut tidak menonaktif kan kartu ATM kamu. Namun jika salah satu dari kalian tiba tiba menonaktifkan atau memblokir kartu mungkin adanya masalah serius, ada baiknya jika kamu berdiskusi mengenai kartu ATM yang kamu gunakan.

13. Diblokir Karena Pembelian Internasional

ATM - Vania
Ilustrasi ATM/https://unsplash.com/Cardmapr

Mungkin ada beberapa bank yang kurang setuju saat kamu melakukan transaksi atau pembelian secara internasional. Hal ini tentu dapat membantu kamu untuk meminimalisir orang yang akan berbuat jahat atau melakukan penipuan.

14. Toko Tidak Menerima Kartu ATM

Ternyata ada beberapa tokoh yang tidak dapat menerima kartu ATM yang kamu gunakan, jika kamu menggunakan kartu jenis Visa, Maestro, dan Master Card, akan ada kemungkinan bahwa kartu ATM kamu tidak cocok saat melakukan transaksi.

15. Kartu Tidak Dapat Digunakan di Negara Tertentu

ATM - Vania
Ilustrasi ATM/https://unsplash.com/Cardmapr

Kamu sedang jauh atau sedang pergi keluar negeri tapi tiba tiba kartu ATM kamu tidak dapat digunakan, cobalah periksa kartu ATM tersebut kenapa tidak dapat digunakan. Hal ini juga dapat disebabkan karena kartu ATM kamu tidak berfungsi di beberapa negara tertentu. Ternyata ada beberapa bank yang tidak mengizinkan kartu yang kamu gunakan untuk melakukan sebuah transaksi di negara tertentu.

Saat kartu ATM kamu tidak dapat digunakan tentu akan buat kamu kesal dan sangat khawatir, bagaimana jika kartu ATM tersebut telah di blokir. Jika kamu melakukan hal itu ada baiknya segera konfirmasi ke bank untuk mengetahui apa saja penyebab nya. Namun, kamu tak perlu khawatir karena beberapa penjelasan di atas semoga dapat membantu kamu untuk mengetahui penyebab kartu ATM tidak dapat digunakan.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela