5 Kebiasaan yang harus Dihentikan Jika Tak Ingin Merasa Insecure

Febi Anindya Kirana18 Jan 2022, 15:45 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 18:26 WIB
perempuan tersenyum

Fimela.com, Jakarta Perasaan insecure selalu membuat kita merasa tidak layak mendapatkan yang terbaik atau bahkan meragukan diri sendiri. Namun terkadang tanpa disadari, insecure juga bisa dipicu dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Dilansir dari Medium, Jika tak ingin merasa insecure, hentikan sekian kebiasaan buruk ini.

1. Suka mengkritik orang lain

Mengkritik orang lain sering kali merupakan mekanisme pertahanan yang digunakan untuk menutupi kekurangan dan rasa insecure dari diri sendiri. Tentu saja, terkadang kita perlu mengkritik, tapi jika sedikit-sedikit mengkritik, itu membuatmu menjadi sosok yang berpikiran sempit dan kolot.

2. Meminta perhatian dan pengakuan dari orang lain

zodiak perempuan
ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Rido from Shutterstock

Mencari perhatian dan pengakuan dari orang lain memang sering menciptakan kepuasan dan kelegaan tersendiri karena kamu jadi merasa 'benar'. Tapi sejujurnya itu sering dilakukan karena kamu ingin menutupi perasaan insecure terhadap diri sendiri. Karena tak mampu mengatasinya sendiri, kamu mencari pihak ketiga untuk menaikan rasa percaya dirimu.

3. Bersikap pasif agresif

Berhentilah bersikap menginginkan sesuatu tapi pura-pura tidak menginginkannya karena takut menciptakan konflik atau sungkan memintanya secara langsung. Pada akhirnya kamu mencoba membuat orang lain memberikannya kepadamu dengan memanipulasi secara halus. Orang yang pasif-agresif biasanya berakhir dengan merasa kesepian, kesal, dan insecure karena tidak punya keberanian untuk jujur ​​​kepada diri sendiri atau orang lain.

4. Sulit menolak

perempuan bahagia
ilustrasi musim gugur/Rido/Shutterstock

Terbiasa mengiyakan semua hal hanya akan membuatmu stres dan juga insecure. Bagaimana bisa? Karena sering mengikuti kemauan orang lain, perlahan kamu akan berpikir bahwa apa kata merekalah yang benar, bukan apa pendapatmu. Pada akhirnya kamu terbiasa memercayai opini orang lain, dan meragukan pendapatmu sendiri. Itulah yang memicu rasa insecure.

5. Terlalu memikirkan perasaan orang lain

Berhentilah merasa sungkan karena takut menyakiti perasaan orang lain, entah ketika kamu menolak sesuatu atau membela pendapatmu. Sesekali sungkan boleh, karena terkadang itu diperlukan tapi jika terus-terusan, kamu akan merasa dirimu tak layak dipertimbangkan dan tidak akan dianggap serius karena cenderung suka "mengalah". Miliki ketegasan sikap dan bela dirimu sendiri, karena kamu pun punya perasaan.

Itu sekian kebiasaan yang harus dihentikan jika kamu tak ingin merasa insecure.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela