Banjir Jakarta, Bukti Prediksi Presiden Joe Biden Soal Jakarta Tenggelam di 2050?

Vinsensia Dianawanti19 Jan 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 19 Jan 2022, 15:30 WIB
Arti Mimpi Banjir yang Tersembunyi

Fimela.com, Jakarta Banjir Jakarta kembali terjadi imbas dari hujan deras yang mengguyur sepanjang hari pada Selasa (18/1/2022). Ada beberapa daerah di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat yang terdampak dan terendam air.

Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat, Kompol Purwanta menyebut ruas jalan di Jakarta Pusat yang terdampak banjir di antaranya, Jalan Letnan Suprapto, Jalan Gunung Sahari, Jalan Kemayoran, dan Jalan Kartini Raya. Ketinggian air berkisar 30cm hingga 70cm.

Banjir Jakarta yang terjadi kali ini banyak dikaitkan dengan pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang mengatakan bahwa Jakarta akan tenggelam. Pada Juli 2021, Presiden Joe Biden sempat menyinggung soal potensi Jakarta yang akan tenggalam dalam 10 tahun ke depan.

Dalam pidatonya, Biden menyebut bahwa Jakarta menjadi salah satu kota di dunia yang terancam tenggelam akibat perubahan yang melanda dunia.

 

Prediksi Joe Biden

Banjir
Ilustrasi Banjir Credit: pexels.com/Matthew

"Apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?" ujar Biden seperti dikutip dari situs resmi White House, whitehouse.gov pada Jumat (30/7/2021).

Rupanya, prediksi Joe Biden bukanlah yang pertama yang menyebut Jakarta akan tenggelam. Sejumlah riset yang dilakukan lembaga nasional dan internasional telah memperingatkan Ibu Kota Indonesia terancam tenggelam akibat perubahan iklim dan kondisi tanahnya.

 

Prediksi dari studi

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menyebut dalam laporannya bahwa meningkatnya suhu global dan mencairnya lapisan es membuat sejumlah kota di pesisir pantai, seperti Jakarta terancam tenggelam. Hal ini diakibatkan adanya luapan air laut yang semakin tinggi.

Lemba nasional, seperti tim peneliti geodesi dari Institut Teknik Bandung hingga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah melakukan riset tentang penurunan permukaan tanah dan meningkatnya permukaan air laut di pesisir Jakarta.

Jika tidak ada penanganan yang serius dari pemerintah dan masyarakat, bukan tidak mungkin 95 persen wilayah di Jakarta akan tenggelam pada 2050. Kamu sudah siap jika Jakarta tenggelam?

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela