7 Penyebab Pencemaran Lingkungan yang Merusak Keseimbangan Alam

Kezia Prasetya Christvidya21 Jan 2022, 07:05 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 07:05 WIB
polusi

Fimela.com, Jakarta Tanpa disadari, ada banyak perilaku manusia yang jadi penyebab pencemaran lingkungan. Adanya pencemaran lingkungan ini, menyebabkan keseimbangan alam menjadi terganggu dan memberikan dampak pemanasan global.

Pencemaran lingkungan menyebabkan polusi yang bisa berdampak buruk terhadap makhluk hidup dan ekosistam, seperti menipisnya lapisan ozon, serta membunuh populasi di darat, air dan laut.

Agar tidak menyebabkan dampak buruk dalam jangka panjang, marilah kita mulai menyayangi bumi dan menghindari penyebab pencemaran lingkungan. Berikut penyebab pencemaran lingkungan, yang dilansir dari Merdeka.com:

Penyebab Pencemaran Lingkungan

pencemaran
ilustrasi penyebab pencemaran lingkungan/Antoine GIRET/unsplash

1. Polusi Udara

Penyebab pencemaran lingkungan yang pertama, yaitu karena adanya polusi udara. Terdapat dua jenis polutan yang bisa menyebabkan polusi udara, yaitu polutan primer yang berasal langsung dari sumbernya, dan polutan sekunder yang terbentuk saat polutan primer bereaksi. Polutan yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan udara adalah pembakaran bahan bakar, asap kendaraan atau pabrik, dan kegiatan industri pertanian.

2. Polusi Air

Adanya polusi air bisa menyebabkan pencemaran lingkungan air. Dengan adanya pencemaran lingkungan ini, maka ekosistem air akan rusak, kemudian muncul tumbuhan gulma dan gangga yang menyebabkan biota di dalam air mati. Polutan yang jadi penyebab polusi air adalah limbah industri, polusi air tanah, tumpukan minyak di laut, dan eutrofikasi akibat aktivitas rumah tangga sehari-hari.

3. Polusi Tanah

Polusi tanah adalah pencemaran lingkungan di tanah yang disebabkan karena adanya bahan kimia yang masuk ke dalam tanah, seperti penggunaan insektisida dan pestisida. Hal ini bisa menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh di tanah itu. Apalagi jika dipengaruhi pelepasan limbah industri, pertambangan, dan penggundulan hutan yang mengeksploitasi tanah.

4. Polusi Suara

Pencemaran lingkungan juga bisa disebabkan karena adanya polusi suara, yang berdampak pada aktivitas manusia. Adanya polusi suara yang dipengaruhi oleh sumber-sumber rumah tangga, kegiatan komersial, industri, dan transportasi, bisa membuat manusia jadi stres, hipertensi dan masalah pendengaran.

Penyebab Pencemaran Lingkungan

pencemaran
ilustrasi penyebab pencemaran lingkungan/Kouji Tsuru/unsplash

5. Polusi Radioaktif

Radioaktif adalah pancaran radiasi yang membahayakan semua makhluk hidup. Pencemaran lingkungan ini disebabkan karena adanya polusi radioaktif. Polusi ini dipengaruhi oleh malfungsi pembangkit nuklir, pembuangan limbah nuklir yang tidak tepat, kecelakaan, dan lain sebagainya.

6. Polusi Cahaya

Adanya polusi cahaya yang dipengaruhi oleh penggunaan lampu yang berlebihan. Pencemaran lingkungan ini bisa merusak keseimbangan alam dan membuat bumi menjadi panas. Selain itu, adanya polusi cahaya bisa mengganggu kesehatan dan mengganggu aktivitas satwa pada malam hari.

7. Polusi Termal atau Panas

Penyebab pencemaran lingkungan yang selanjutnya, yaitu karena polusi termal atau panas. Hal ini dipengaruhi oleh pabrik industri, penggundulan hutan, urban sprawl, dan efek dari polusi udara. Karena adanya polusi panas ini, maka lingkungan akan menjadi panas dan keseimbangan alam menjadi terganggu.

Dampak Pencemaran Lingkungan

pencemaran
ilustrasi dampak pencemaran lingkungan/NeONBRAND/unsplash

Pencemaran lingkungan memiliki dampak negatif untuk bumi, karena bisa merusak keseimbangan alam dan merusak biota di dalamnya. Berikut dampak negatif adanya pencemaran lingkungan:

  1. Peningkatan kadar CO2 di bumi.
  2. Lapisan ozon semakin menipis.
  3. Suhu bumi menjadi sangat panas.
  4. Adanya hujan asam.
  5. Bumi mengalami kekeringan.
  6. Perubahan cuaca yang tidak menentu.
  7. Adanya kepunahan pada flora dan fauna.
  8. Adanya penyakit kanker karena radioaktif.
  9. Menyebabkan disabilitas pada saat lahir.
  10. Mempengaruhi kondisi air, tanah dan udara.
  11. Mengakibatkan kebutaan, sesak napas, kerusakan pada kulit, dan penyakt lainnya.
Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela