10 Mimpi Buruk Pertanda Apa? Yang Sering Kita Alami Saat Tidur

Vania Al kautsar20 Jan 2022, 11:27 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 11:35 WIB
Tidur - Vania

Fimela.com, Jakarta Kita semua tentu pernah mengalami mimpi buruk, bahkan ketika kamu mengalami mimpi buruk akan lebih mudah mengingatnya. Mimpi buruk yang kamu alami terkadang akan membuat kamu merasa takut, cemas, bahkan panik dalam satu waktu.

Biasanya ketika mengalami mimpi buruk kita akan terbangun selama atau setelah mengalami mimpi buruk, dan kita akan langsung ketakutan dan memikirkan mimpi yang kita alami. Terkadang mimpi buruk yang kita alami bisa lebih dari sekedar mimpi.

Ternyata terdapat gangguan mimpi buruk yaitu kondisi seseorang yang sedang mengalami suatu masalah. Terkadang mimpi buruk yang dialami oleg seseorang juga akan menyebabkan orang tersebut tertekan dan menganggu pekerjaan. Tapi, apa mimpi buruk memiliki sebuah pertanda? Berikut penjelasannya:

1. Memiliki Kondisi Kesehatan Mental

Stress - Vania
Ilustrasi Stress/https://unsplash.com/Yuris Alhumaydy

Mimpi buruk yang kamu alami mungkin akan menjadi gejala gangguan panik, skizofrenia, gangguan disosiatif, dan gangguan kepribadian lainnya. Tetapi terkadang mimpi buruk yang paling sering juga sering dikaitkan dengan gangguan besar kesehatan metal yang mendasarinya.

2. Mengalami Trauma

Sementara itu mimpi buruk yang kamu alami mungkin karena salah satu faktor yang pernah kamu rasakan sebelumnya, hal ini sering dikaitkan dengan hubungan gangguan Stress maupun pasca trauma. Mimpi buruk merupakan salah satu gejala yang digunakan untuk mendiagnosis PTSD.

3. Memiliki Masalah Tidur

Tidur - Vania
Ilustrasi Tidur/https://unsplash.com/Zohre Nemati

SleepĀ Apnea merupakan salah satu masalah tidur yang paling umum, selain itu mimpi buruk yang kamu rasakan juga dapat menunjukan sejumlah masalah, seperti sindrom kaki gelisah maupun narkolepsi. Terkadang gejala gangguan mimpi buruk termasuk terbangun berulang kali akan lebih intens, selain itu kita akan mengalami kewaspadaan berlebih.

4. Memiliki Masalah Pernapasan

Kurang tidur mungkin bukan menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan mimpi buruk yang kamu rasakan, jika kamu memiliki cukup tidur tapi mengalami komplikasi pernapasan sleep apnea, maka akan mengalami mimpi buruk.

5. Menonton Film Horor

Perempuan - Vania
Ilustrasi Perempuan/https://unsplash.com/Victoria Heath

Menonton film horror malam hari tentu akan menengangkan dan menguji nyali kita, jika kamu salah satu seseorang yang menyukai film horror dan menontonya di malam hari, ada baiknya untuk mengurangi. Salah satu studi menurut International Association for the Study of Dreams menyimpulkan bahwa media ternyata memiliki pengaruh yang besar terhadap mimpi.

6. Sering Ngemil di Malam Hari

Memang saat malam hari biasanya kita akan merasakan lapar yang berlebihan dan membuat kita ngemil. Makan di malam hari ternyata akan menyebabkan mimpi mereka menjadi lebih aneh atau bahkan akan menganggu. Selain itu makan di malam hari sebelum tidur terkadang akan membuat metabolism dalam tubuh meningkat serta meningkatkan otak yang lebih aktif.

7. Efek Obat yang Dikonsumsi

Kondisi Lain yang Menyebabkan Mood Swing
Ilustrasi Obat-obatan Credit: pexels.com/tanya

Saat kamu mengonsumsi obat tentu akan diberitahu oleh dokter efek obat yang kamu konsumsi, salah satunya akan berpengaruh pada waktu tidur. Obat apapun yang kita konsumsi tentu akan mempengaruhi neutransmiter di otak, seperti antidepresan yang akan memberi pengaruh mimpiĀ  kamu secara negatif.

8. Tidak Cukup Tidur

Mimpi buruk juga dapat menyebabkan kamu kurang tidur, tetapi kurang tidur juga akan menyebabkan kamu mimpi buruk. Beberapa orang yang mengalami insomnia biasanya akan lebih sering mengalami mimpi buruk saat tidur. Hal ini dikarenakan tidak mendapatkan REM saat malam hari, dan membuat otak menjadi aktif saat tidur.

9. Mengalami Demam

Sakit Kepala
Ilustrasi Sakit kepala/https://www.shutterstock.com/Freedom Life

Kenaikan suhu tubuh yang tinggi secara tiba-tiba terkadang akan menjadi salah satu penyebab mimpi buruk yang kamu rasakan, Amigdala di dalam otak akan terkait dengan emosi negatif seperti kemarahan.

10. Memiliki Masalah Jantung

Mimpi burung juga sering dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan yang kamu rasakan, termasuk penyebabkan kematian yang paling sering terjadi adalah penyakit jantung. Ternyata detak jantung yang tidak teratur dan nyeri dada spasmodik pada lansia akan mengalami mimpi buruk yang lebih sering.

Beberapa orang akan lebih percaya bahwa mimpi buruk dan bebermimpi yang mereka alami akan memiliki makan yang lebih dalam dan dapat melambangkan emosi pada alam bawah sadar mereka. Mimpi yang dialami seseorang tentu akan berbeda, mereka juga dapat merasakan mimpi baik dan buruk.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela