5 Fakta Unik Persahabatan yang Jarang Disadari

Baiq Nurul Nahdiat22 Jan 2022, 14:05 WIB
Diperbarui 22 Jan 2022, 14:05 WIB
Fakta Unik Persahabatan

Fimela.com, Jakarta Kita mungkin bisa membayangkan kalau hidup tanpa ada persahabatan, pasti hidup akan sangat membosankan, dan Depresi akan mengambil alih hidup kita. Diterima atau tidak, kita membutuhkan teman di semua fase kehidupan. Bahkan beberapa penelitian ilmiah mendukung hal ini. Berikut ini beberapa fakta ilmiah tentang persahabatan.

1. Tidak punya teman bisa menyebabkan kesehatan memburuk

Penelitian membuktikan kalau kesepian dan tidak memiliki teman sama buruknya dengan menghabiskan 15 batang rokok per hari. Karena saat kesepian tubuh akan memproduksi lebih banyak kortisol atau biasa disebut sebagai hormon stres. Sehingga menyebabkan seseorang tidalk bergairah, cemas hingga susah tidur.

2. Menikahi sahabat bisa mengurangi angka perceraian

Menurut John Gottman, menikah dengan sahabat bisa mengurangi angka perceraian karena mereka sudah mengenal satu sama lain, tahu apa yang disukai dan tidak sehingga bisa saling menghormati dalam pernikahan. Pasangan yang sudah bersahabat sejak lama juga lebih bisa mengantisipasi pertengkaran daripada yang tidak.

3. Pertemanan yang kuat bisa membuat umur panjang

Fakta Unik Persahabatan
Fakta Unik Persahabatan. (ilustrasi/shutterstock.com/interstid)

Menurut sebuah studi selama 10 tahun soleh Center for Aging di Flinders University, jaringan pertemanan yang kuat lebih penting daripada kerabat dekat dan berpotensi memperpanjang harapan hidup seseorang. Orang yang berusia di atas 70 tahun, tetapi memiliki jaringan yang luas, cenderung hidup 22% lebih lama daripada mereka yang memiliki sedikit teman.

4. Sahabat memengaruhi gaya hidupmu

Percaya atau tidak, jika sahabatmu memiliki pola makan yang sehat, kemungkinan besar kamu akan melakukan hal yang sama. Sebaliknya, jika dia memiliki gaya hidup yang buruk, itu juga bisa memengaruhi gaya hidupmu.

5. Pertengkaran membuat persahabatan semakin kuat

Fakta Unik Persahabatan
Fakta Unik Persahabatan. (ilustrasi/copyright by metamorworks/Shutterstock)

Apakah kamu tahu bahwa perbedaan dalam persahabatan itu dapat membuat hubungan lebih stabil. Karena dalam persabahatan, orang di dalamnya cenderung melengkapi satu sama lain. Jadi, seberbeda apapun mereka, pasti bisa menemukan kesamaan.

Nah, itulah sekian fakta persahabatan yang perlu diketahui. Apakah kamu pernah mengalaminya?

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela