5 Hobi yang Bikin Otak Encer

Baiq Nurul Nahdiat24 Jan 2022, 16:05 WIB
Diperbarui 24 Jan 2022, 16:05 WIB
Hobi yang Bikin Otak Encer

Fimela.com, Jakarta Semua orang pasti memiliki hobi, hobi berkaitan dengan sesuatu yang menyenangkan sehingga bisa membuat perasaan lebih tenang dan bahagia saat melakukannya.

Selain membuat perasaan bahagia, beberapa hobi juga memiliki manfaat, salah satunya membuat otak encer. Jadi, tak hanya dengan belajar, melakukan hobi ini ternyata juga bisa bikin otak cerdas. Mau tahu apa saja hobi yang bikin otak encer? Ini dia ulasannya seperti yang dilansir dari Us & Co.

1. Membaca apapun

Membiasakan membaca bisa meningkatkan fungsi otak, membantu memecahkan masalah hingga mengurangi stres. Membaca dapat merangsang pertumbuhan jalur saraf saat otak menyerap informasi baru. Bacalah apapun yang dapat membantu pemahamanmu tentang suatu topik dan seuatu yang dapat menambah pengalanmu.

2. Belajar bahasa asing

Memahami bahasa yang berbeda melibatkan analisis, struktur tata bahasa dan mempelajari kosa kata baru, yang dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan otak. Dengan menguasi bahasa asing, itu juga akan membantumu membangun kepercayaan diri dan membangun keterampilan berkomunikasi.

3. Memainkan alat musik

Hobi yang Bikin Otak Encer
Hobi yang Bikin Otak Encer. (ilustrasi/Chatchai.wa/Shutterstock)

Ada berbagai peneliti yang telah menunjukkan bahwa bermain alat musik bisa merangsang otak dan dapat meningkatkan kapasitas memori. Selain itu, belajar memainkan alat musik juga mengajarkanmu kesabaran dan ketekunan sambil mengasah konsentrasi, karena membutuhkan waktu dan usaha.

4. Olahraga

Olahraga teratur tidak hanya penting untuk kesehatan tubuh tetapi juga untuk kesehatan otak. Berolahraga adalah kunci untuk menjaga otak dan tubuh agar berfungsi sebaik mungkin. Saat berolahraga, sirkulasi darah ke otak akan lebih lancar yang dapat meningkatkan fungsi otak. Sebaliknya, jarang bergerak akan membuat otak tak berfungsi dengan baik.

5. Meditasi

Hobi yang Bikin Otak Encer
Hobi yang Bikin Otak Encer. (ilustrasi/photo created by karlyukav - www.freepik.com)

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Proceedings of the National Academy of Sciences” pada tahun 2006 membuktikan bahwa meditasi dapat membantun keseimbangan otak dan menenangkan pikiran. Tak hanya itu, orang yang sering melakukan meditasi juga memiliki keterampilan pengendalian emosi yang baik, mengurangi stres dan lebih mudah berempati.

Selain beberapa hobi di atas, ada juga beberapa aktivitas lainnya yang memiliki manfaat yang baik untuk otak, seperti bermain game, menulis, travelling, berbicara dengan orang baru dan sebagainya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela