Sukses

Lifestyle

11 Fakta Menarik Perayaan Imlek dari Tidak Boleh Mandi Hingga Sewa Pacar Palsu

Fimela.com, Jakarta Tahun Baru Imlek dirayakan oleh lebih dari 20% penduduk dunia. Ini adalah hari libur paling penting di China dan bagi orang-orang China di seluruh dunia.

Tahun ini Imlek akan dirayakan pada Selasa, tanggal 1 Februari 2022. Menurut astrologi kuno China, 2022 merupakan Tahun Macan Air. 

Macan adalah shio ke-tiga dalam 12 zodiak China, orang-orang yang termasuk dalam shio Macan adalah mereka yang lahir tahun 1938, 1950, 1962, 1974, 1986, 1998, 2010, dan 2022.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Imlek, berikut fakta-fakta menarik yang mungkin belum diketahui tentang Tahun Baru Imlek. Berikut ulasannya melansir Chinesenewyear.net. 

1. Tidak ada tanggal yang ditetapkan untuk Tahun Baru Imlek

Menurut kalender Lunar, Festival Musim Semi jatuh pada tanggal 1 Januari dan berlangsung hingga tanggal 15 (bulan purnama).  Tidak seperti hari libur barat seperti Natal, yang tanggal sudah pasti ditiap tahunnya. 

Kalender lunar masih sangat penting di Cina, meskipun secara resmi telah pindah ke kalender seperti di seluruh dunia. 

Semua hari libur tradisional dan hari-hari seperti Winter Solstice dirayakan.  Beberapa orang masih menghitung ulang tahun dan usia mereka menurut kalender lunar juga!

2. Hari untuk berdoa kepada dewa

Imlek pada awalnya merupakan hari seremonial untuk berdoa kepada dewa agar musim tanam dan panen baik.  Sebagai masyarakat agraris, panen adalah segalanya.  Orang-orang juga berdoa kepada leluhur mereka, karena mereka diperlakukan sebagai dewa.

3. Hari melawan monster

Menurut salah satu legenda, ada monster bernama Nian. Akan datang setiap Malam Tahun Baru.  Kebanyakan orang akan bersembunyi di rumah mereka.  

Tapi seorang anak laki-laki cukup berani untuk melawannya menggunakan petasan. 

Keesokan harinya, orang-orang merayakan kelangsungan hidup mereka dengan menyalakan lebih banyak petasan.  Dan acara itu menjadi bagian penting dari Imlek

4. Kembang api paling banyak dinyalakan di dunia malam itu

Seperti dalam mitos tentang Nian, petasan dimaksudkan untuk menakuti monster dan nasib buruk.  Jadi orang-orang begadang pada Malam Tahun Baru Imlek dan menyalakan petasan di tengah malam. 

Di pagi hari, petasan digunakan kembali untuk menyambut tahun baru dan semoga sukses. Pada malam yang sama, keluarga juga membakar uang kertas palsu dan mencetak emas batangan untuk menghormati orang yang mereka cintai yang telah meninggal. 

Mirip dengan liburan Chuseok Korea atau tradisi Hari Orang Mati Meksiko, mereka percaya bahwa sesaji akan membawa keberuntungan dan keberuntungan bagi leluhur mereka di akhirat.

5. Festival Musim Semi menyebabkan migrasi manusia terbesar di dunia

Bagian terpenting dari Tahun Baru Imlek adalah reuni keluarga.  Setiap orang harus kembali ke rumah untuk makan malam Tahun Baru.

Tetapi sejak di Tiongkok modern, kebanyakan orang tua lanjut usia tinggal di pedesaan sementara anak-anak mereka bekerja di kota.  Migrasi kembali ke rumah dan pergi berlibur disebut chunyun atau Migrasi Musim Semi.

Biasanya paling awal dapat membeli tiket kereta api adalah 60 hari sebelumnya. Pada 2015, statistik menunjukkan bahwa sekitar 1.000 tiket terjual setiap detik.

6. Para jomblo menyewa pacar palsu untuk dibawa ke acara keluarga

Ditanya kapan nikah atau di mana pacaranya sering dilakukan ketika kumpul keluarga, bahkan lebih buruk di Cina.  Hal ini karena memiliki anak dan mewariskan nama keluarga adalah salah satu bagian terpenting dalam budaya Tionghoa.Beberapa lajang putus asa akhirnya ia memilih untuk menyewa pacar palsu untuk dibawa pulang. \

7. Dilarang mandi, menyapu atau membuang sampah!

Mandi tidak diperbolehkan pada Hari Tahun Baru. Menyapu dan membuang sampah tidak diperbolehkan sebelum tanggal 5. Ini untuk memastikan tidak menghilangkan keberuntungan!

Di sisi lain, ada sehari sebelum Festival Musim Semi yang didedikasikan untuk pembersihan. Hari ini adalah untuk menghapus nasib buruk dan memberi ruang untuk kebaikan.

Apa lagi yang tabu selama Tahun Baru Imlek?

Pemotongan rambut (sebelum 2 Februari)

Menggunakan gunting, pisau, dan benda tajam lainnya

Berdebat, bersumpah Mengatakan kata-kata sial (seperti "kematian" dan "penyakit") 

8. Anak-anak menerima uang keberuntungan dalam amplop merah

Dalam budaya lain, anak-anak menerima hadiah untuk liburan.  Hadiah juga dipertukarkan selama Imlek, anak-anak Cina akan menerima amplop merah atau yang sering disebut angpao.

Dengan perkembangan teknologi, kantong merah digital menjadi tren sekarang. 

9. Makan pangsit setiap kali makan, setiap hari 

Kebanyakan orang akan makan pangsit saat makan malam Tahun Baru. Orang lain akan memakannya untuk sarapan pertama. Tetapi tidak banyak orang yang melakukannya lagi karena dapat memiliki terlalu banyak.

10. Orang Cina menghias semuanya dengan warna merah untuk Tahun Baru Imlek

Setiap keluarga akan menghiasi rumah mereka dengan warna merah. Hal ini dikarenaka petasan bukan satu-satunya hal yang membuat monster itu takut.  Merah juga merupakan senjata yang sangat berharga, dan digunakan di hampir semua dekorasi Tahun Baru Imlek.

Orang Cina akan menggantung lentera merah dan untaian cabai (asli atau palsu), menempelkan kertas merah ke pintu dan jendela, dan banyak lagi!

11. Pakaian baru juga dipercaya membawa keberuntungan

Pakain baru dipercaya membawa keberuntungan dan memulai dari awal yang segar.  Orang-orang akan menambahkan pakaian merah baru ke lemari Festival Musim Semi mereka juga.

#womenforwomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading