Sukses

Lifestyle

10 Penyebab Perut Bawah Buncit yang Bikin Nggak Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Memiliki perut yang buncit terkadang membuat kita tidak percaya diri, apalagi saat kita ingin menggunakan baju crop top. Perut buncit mungkin akan dialami setiap orang baik yang memiliki berat badan lebih maupun ringan.

Banyak orang yang mengatakan bahwa perut buncit yang kita miliki dikarenakan mengaku mengkonsumsi makanan yang berlebih atau tidur setelah makan. Pola makan yang tidak teratur ataupun semua jenis makanan yang kamu konsumsi tentu memiliki efek samping bagi tubuh kamu.

Meskipun terkadang membuat kita tidak nyaman dan kurang percaya diri, masalah perut buncit tak perlu bikin kamu khawatir karena hal ini dapat kamu atasi dengan beberapa cara. Nah, berikut beberapa penyebab perut bawah buncit yang membuat tidak percaya diri:

1. Terlalu Banyak Gas dalam Tubuh

Banyak orang yang mengira bahwa perut buncit ditandai dengan banyaknya khas yang terdapat di dalam tubuh kita. Padahal banyaknya gas ditandai dengan adanya masalah kesehatan dalam tubuh, selain itu hal ini juga berkaitan dengan masalah sindrom iritasi usus, refluks asam, ataupun masalah kerongkongan.

2. Pola Makan yang Salah

Salah satu penyebab paling umum perut buncit yang kita alami yaitu pola makan yang salah, berbagai jenis makanan yang kita konsumsi tentu akan memiliki efek samping untuk tubuh kita sendiri. Jika kamu mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, makanan cepat saji, soda, hingga minuman beralkohol maka akan memberikan efek buruk untuk tubuh jika kamu konsumsi secara berlebihan.

3. Kurang Tidur

Tahukah kamu bahwa kurang tidur ternyata memberikan efek buruk untuk kesehatan tubuh kita, ternyata kondisi ini dapat menaikkan berat badan dan adanya lemak di perut. Beberapa orang yang kekurangan jam tidur akan mengalami kenaikan berat badan.

4. Jarang Berolahraga

Banyak orang yang masih jarang melakukan olahraga, padahal olahraga memberikan efek yang baik untuk tubuh kita. Selain itu olahraga juga akan memberikan sisi positif untuk pikiran dan kesehatan tubuh kita di masa depan. Jika kamu jarang berolahraga maka akan membuat kalori makanan atau minuman disimpan menjadi lemak yang berada di dalam tubuh.

Jarang berolahraga tentu akan memberikan efek yang cukup tinggi untuk perut buncit yang kamu miliki, sebaiknya mulai sekarang kamu mencoba untuk ber olahraga seperti lari ataupun skiping.

5. Makan Berlebihan

Tak tak perlu makan yang berlebihan asalkan kamu cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari, sesuaikan makan dengan jam makan yang kamu miliki. Makan yang berlebihan tentu akan membuat perut menjadi kembung ataupun buncit, mulai sekarang mulailah untuk menjaga pola makan yang baik dan benar.

6. Soda dan Alkohol

Masih banyak orang menghiraukan efek samping dari mengkonsumsi soda yang berlebih maupun alkohol. Soda dan alkohol akan memberikan efek perut buncit karena hal ini disebabkan adanya gas yang berlebihan dalam perut kamu.Tak hanya itu kadar gula yang cukup tinggi juga akan membuat perut kamu menjadi lebih buncit serta kenaikan berat badan yang lebih.

7. Makan Terlalu Cepat

Beberapa orang mungkin memiliki alasan mengapa makan terlalu cepat, hal ini dikarenakan faktor pekerjaan ataupun kegiatan lainnya yang menuntut untuk makan cepat. Tapi jika kamu lebih sering makan cepat akan berikan efek samping yang kurang baik, makan terlalu cepat akan buat kamu lebih sering menalan banyak udara dari biasanya.

8. Faktor Genetik

Tak hanya masalah dari mengkonsumsi makanan atau minuman kita sehari-hari, ternyata perut buncit yang kita miliki dapat dikarenakan faktor genetik. Gen adalah salah satu faktor yang dapat membuat perut buncit maupun berat badan berlebih. Hal ini cenderung berpengaruh pada lemak yang di simpan pada tubuh.

9. Stress

Salah satu kebiasaan sederhana yang mungkin dialami oleh kamu yang memiliki perut buncit adalah stress. Sendiri ternyata dapat berkaitan erat dengan kondisi pisikologis yang akan mempengaruhi kondisi fisik. Hormon stress (kortisol) juga akan berperan sebagai penyebab perut buncit.

10. Mengkonsumsi Camilan Berlebih

Nyemil saat lapar tentu akan membuat kita lebih nyaman daripada harus makan nasi atau makanan berat lainnya. Selain itu camilan juga memiliki rasa yang banyak apalagi kita lebih menyukai camilan yang asin, pedas, daripada yang manis. Saat kamu mengkonsumsi camilan dan lemak serta kalori yang tinggi akan membuat tubuh mengalami obesitas dan kenaikan berat badan.

Saat memiliki perut buncit kamu perlu mengetahui beberapa penyebab yang dapat menyebabkan masalah tersebut. Selain itu kamu dapat mengurangi rasa stres, mengkonsumsi camilan, makan berlebih, atau makan yang terlalu cepat. Mulai sekarang lebih perhatikan pola makan dan gaya hidup kamu, dan cobalah untuk memulai olahraga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading