Sukses

Lifestyle

5 Cara Self Love saat Burnout

Fimela.com, Jakarta Burnout, dilansir dari help guide adalah sebuah kondisi dimana seseorang merasakan kelelahan fisik, emosional, dan mental akibat pekerjaan ataupun kegiatan yang menguras otak dan energi yang dilakukan secara terus menerus dan tidak ada jeda istirahat. Burnout biasanya merupakan output dari stress ringan yang ditimbun secara berkepanjangan.

Burnout dapat dikenali dengan tanda tanda berikut. Yang pertama adalah kelelahan fisik seperti mudah lelah, pusing, nyeri otot, dan tidak nafsu makan. Yang kedua adalah kelelahan emosional seperti kehilangan motivasi, sering overthinking, merasa terasingkan dan lainnya. Yang terakhir adalah kelelahan mental seperti membatasi diri untuk bergaul (mengasingkan diri), menunda-nunda, pola hidup tidak sehat, dan lainnya.

Saat burnout, kamu biasanya sering overthinking dan merasa rendah diri, merasa tidak berguna, dan merasa apa yang kamu lakukan selama ini tidak memuaskan dibandingkan dengan orang lain. Padahal, kamu melakukan yang terbaik, dan malah melebihi kapasitas kemampuanmu.

Perlu disadari, burnout hadir karena seseorang terlalu berambisi yang kemudian mendorong dirinya untuk bekerja keras melebihi kapasitas kemampuannya sehingga dapat membuat orang tersebut membatasi diri dengan orang lain, mengabaikan jam istirahat, jam tidur, bahkan jam makan dan minum. Hal inilah yang membuat seseorang merasa penat, jenuh, dan stress.

Ketika kamu merasa berada dalam fase burnout, kamu dapat mencoba beberapa hal berikut untuk menyayangi diri sendiri dan mengontrol diri untuk melakukan apapun dalam batas kemampuanmu.

Istirahat

Yang utama yang perlu dilakukan adalah istirahat yang cukup. Jangan memaksakan diri untuk tetap fokus jika sudah merasakan kantuk dan lelah. Istirahat yang cukup dapat dimulai dengan menata pola tidur menjadi lebih teratur dan lebih berkualitas. Usahakan untuk tidak begadang supaya dapat bangun pagi dan memiliki istirahat yang berkualitas. Jika kamu merasa sakit, kamu dapat mengunjungi dokter atau melakukan pijat untuk merelaksasikan tubuhmu.

Mengatur Pola Makan

Saat bekerja maupun belajar, jangan lupa untuk makan. Segeralah makan ketika sudah merasa lapar dan jangan ditunda. Pola makan yang sehat akan menghasilkan tubuh yang sehat pula. Pola makan yang teratur juga perlu dibarengi dengan makanan yang bergizi dan sehat. Kamu juga dapat meminum suplemen tambahan seperti vitamin.

Olahraga

Olahraga secara teratur dan rutin akan membantu menjaga kesehatan tubuhmu. Selakan waktu untuk berolahraga agar tubuhmu tetap sehat dan bugar. Tubuh yang lelah juga dapat merangsang tubuhmu untuk beristirahat.

Bergaul

Manusia sebagai makhluk sosial tentunya membutuhkan apa yang namanya bergaul dan bersosialisasi dengan manusia lainnya. Bergaul dengan teman sebaya atau dengan orang-orang yang kamu sayangi akan menambah kebahagiaan di hidupmu, sehingga kamu tidak merasa sendiri dan lelah. Berbagi masalah dengan orang lain mungkin tidak membuat masalahmu hilang, namun dapat memberikan kelegaan bagimu.

Melakukan Hobi

Ketika kamu merasa lelah dengan pekerjaanmu ataupun belajarmu, kamu dapat menyempatkan waktu untuk melakukan hobimu. Hal ini dilakukan supaya otak dan tubuh dapat beristirahat dan dapat relax sejenak. Melakukan hobi juga dapat membuatmu menjadi lebih bahagia dan akan menjaga kesehatan emosional dan mentalmu

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading